Scroll to Top

Agar Puasa Tetap Nyaman Walau Tekanan Darah Rendah

By C Novita / Published on Thursday, 10 May 2018

tekanan darah rendah

Bulan Ramadhan atau sering disebut juga bulan puasa sebentar lagi tiba. Kaum muslimin mulai mempersiapkan fisik dan mental menghadapinya sebab momen itu akan berlangsung selama 30 hari.

Bagi Anda yang mengidap masalah tekanan darah rendah, tentu ada kekhawatiran tersendiri apakah momen ibadah ini bisa dilalui dengan mulus hingga akhir. Puasa butuh ketahanan tubuh serta kesehatan, lalu bagaimana dengan keluhan yang umumya menyertai tekanan darah rendah seperti pusing, lemas, dan mata berkunang-kunang?

Menurut dr Imam Effendi, dokter spesialis tekanan darah dan ginjal, kondisi rendahnya tekanan darah sebenarnya tidak banyak mengganggu kegiatan ibadah puasa.

“Tapi itu tidak masalah,” kata dia. “Yang penting makanannya bergizi.”

Menurut Imam, penderita tekanan darah rendah direkomendasikan untuk mengonsumsi makanan bergizi khusus. Walau puasa, mereka juga harus tetap berolahraga untuk menjaga tekanan darahnya stabil.

Kuncinya adalah, jangan melakukan gerakan yang tiba-tiiba. Hal ini bisa membuat keluhan yang sering dialami oleh penderita masalah tersebut jadi kambuh.

“Tidak boleh mengubah posisi tubuh dengan buru-buru,” jelasnya.

Misalnya bangun tidur langsung berdiri dan berjalan. Atau tiba-tiba berdiri dari posisi duduk lama dan langsung lari. Beri kesempatan untuk darah mengalir ke seluruh tubuh dahulu, sehingga Anda tidak pusing atau mata berkunang-kunang.

Tekanan darah rendah tidak berbahaya seperti halnya tekanan darah tinggi. Ada obat yang harus dikonsumsi dua kali sehari untuk menstabilkan tekanan darah dahulu jika penderitanya ingin berpuasa.

Perlu diketahui, tekanan darah normal adalah di level systole 120-130. Jika dibawah itu maka tergolong rendah, dan jika diatas itu maka tergolong tinggi.

 

 

Komentar Anda