Scroll to Top

Umur Enam Bulan, Bayi Mampu Baca Gerak Bibir

By Ilham Choirul / Published on Thursday, 19 Jan 2012

bayi

Masa kecil seorang anak itu aset. Di usia dini inilah otaknya akan berkembang dan mampu menerima banyak informasi.Kecerdasan anak sebenarnya sudah dimulai sejak bayi. Bahkan, menurut sebuah studi, seorang bayi sudah mampu membaca gerak bibir orang tuanya atau siapa pun yang mengajaknya berbicara.

Penelitian yang dilakukan Florida Atlantic University disebutkan, kemampuan bayi membaca gerak bibir dimulai saat usianya menginjak enam bulan. Di waktu ini, mata bayi makin luas daya lihatnya dan mampu mengamati serta mempelajari gerak bibir. Bayi akan mencoba menirukan tutur kata orang yang mengajaknya berinteraksi dengan didahului membaca bibir. Sementara itu, indera dengarnya yang akan mendukung si bayi dalam pelafalan kata. Dan, ini sebuah proses yang rumit.

”Untuk dapat menirukan, bayi harus tahu dulu bagaimana bibir membuat suara yang mereka dengar,” kata David Lewkowicz, ketua peneliti.

Sementara itu, menurut Profesor Bob McMurray dari University of Iowa, temuan ini meyakinkannya bahwa bayi itu sebenarnya makhluk yang cerdas. Dia bisa memilah mana saja sesuatu yang perlu dipelajarinya, yang akhirnya bakal bermanfaat bagi perkembangannya sendiri.

Luar biasa potensi bayi. Mengajak bayi berkomunikasi sesering mungkin adalah langkah tepat untuk merangsang kecerdasannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda