Scroll to Top

Tips Agar Perut Kenyang Terus Saat Puasa Ramadhan

By C Novita / Published on Thursday, 17 May 2018

Pola Makan

Puasa Ramadhan telah mulai dijalankan oleh seluruh umat muslim di dunia, yang akan berlangsung selama sebulan penuh. Mempersiapkan fisik dan mental untuk melaksanakannya harus Anda lakukan, agar dapat beribadah dengan maksimal.

Agar tak diganggu oleh munculnya rasa lapar yang dapat mengganggu konsentrasi ibadah, ini terutama berlaku bagi yang tidak terbiasa melakukan puasa sunnah sebelumnya, ada tips khusus lho.

Memperhatikan menu sahur dan buka adalah salah satunya. Lalu, perhatikan juga pola aktifitas yang rutin Anda jalani selama bulan puasa ini.

Misalnya dalam pemilihan menu, hindari yang memiliki kandungan karbohidrat tinggi sebab makanan ini akan membuat Anda lebih lapar lagi. Yang disarankan adalah memperbanyak makanan tinggi protein, serat dan vitamin. Makanan jenis ini akan membuat perut Anda kenyang lebih lama,

Menurut Prof Hardinsyah, Ms. PhD, Ketua Umum Perhimpunan Pakar Gizi dan Pangan Indonesia, sumber karbohidrat yang tak disarankan adalah roti atau nasi.

“Kalau mau mengonsumsi karbohidrat kompleks, seperti beras merah atau roti gandum bisa mempertahankan rasa kenyang lebih lama,” jelas dia.

Selain itu, sumber karbohidrat seperti oatmeal pun disarankan. Konsumsi sayuran dan buah juga sangat perlu untuk masuk dalam menu buka puasa serta sahur Anda. Ini jauh lebih baik ketimbang kue atau cake serta minuman manis tinggi gula.

Minum air putih justru baik untuk diperbanyak saat malam hari sebagai pengganti cairan tubuh. Dengan begitu Anda tidak mengalami dehidrasi walau seharian sudah berpuasa Ramadhan.

 

Komentar Anda