Scroll to Top

Jenis Menu Ini Baiknya Dihindari Saat Bulan Puasa

By C Novita / Published on Thursday, 17 May 2018

makanan pedas

Pemilihan menu yang hendak disantap selama bulan puasa perlu sekali diperhatikan, untuk menjaga kesehatan dan stamina tubuh. Anda tentu tak ingin kehilangan momen ibadah di bulan suci ini hanya karena sakit bukan?

Menurut Rachmanida Nuzrina S.Gz, M.sc, seorang ahli gizi dan dosen di Universitas Esa Unggul (UEU), ada beberapa jenis menu makanan yang sebaiknya tak disantap selama bulan puasa agar kesehatan pencernaan tetap terjaga.

Antara lain adalah makanan yang menggunakan bumbu tajam, pedas, menghasilkan gas dalam perut, terlalu manis, juga lemak. Jenis makanan tersebut bisa merangsang pembentukan asam lambung yang lebih banyak.

“Makanan yang berbumbu tajam dan terlalu pedas karena itu akan merangsang asam lambung,” jelas Nina seperti dilansir laman Republika.co.id.

Contoh untuk makanan yang dapat memicu pembentukan gas dalam perut adalah buah nangka dan duren. Jika ingin mengonsumsi maka batasi jumlahnya sedikit saja.

Jenis menu lain yang perlu dibatasi asupannya saat buka puasa dan sahur adalah minuman dan makanan manis.

“Makanan terlalu manis, banyak mengandung gula, sirup, madu terlalu banyak itu bahaya, sama makanan yang terlalu tinggi lemak,” tambahnya lagi.

Makanan tersebut dapat meningkatkan kadar gula darah secara cepat, dan itu kurang baik. Apalagi jika Anda memiliki kemungkinan mengalami penyakit diabetes, maka hindari saja menu tersebut.

Jenis menu yang dianjurkan untuk berbuka puasa dan sahur adalah makanan alami seperti sayur-sayuran, buah-buahan, karbohidrat kompleks, serta protein rendah lemak.

 

 

Komentar Anda