Scroll to Top

Perlu Diketahui, Ini Hal yang Membatalkan Puasa Ramadhan

By C Novita / Published on Friday, 18 May 2018

Puasa Cowok

Jika Anda sedang berpuasa Ramadhan saat ini dan sedikit lupa dengan hal atau perkara apa saja yang dapat membatalkan puasa, yuk mengingat kembali pelajaran tersebut. Sebagai manusia adalah hal wajar jika Anda lupa, sehingga membaca lagi informasi ini diharapkan dapat membuat ibadah Anda menjadi lebih mantab.

Terdapat setidaknya 7 hal yang dapat membuat puasa seorang muslim menjadi batal, seperti yang disepakati oleh para ulama dalam 4 mahzab. Berikut ini penjelasannya:

1.Makan

2.Minum

3.Berhubungan suami istri

Adapun dalil dari ketiga hal itu adalah tertulis dalam QS. Al-Baqarah: 187, demikian terjemahannya:

“Dihalalkan bagi kamu pada malam hari bulan puasa bercampur dengan isteri-isteri kamu; mereka adalah pakaian bagimu, dan kamupun adalah pakaian bagi mereka. Allah mengetahui bahwasanya kamu tidak dapat menahan nafsumu, karena itu Allah mengampuni kamu dan memberi ma’af kepadamu. Maka sekarang campurilah mereka dan ikutilah apa yang telah ditetapkan Allah untukmu, dan Makan minumlah hingga terang bagimu benang putih dari benang hitam, Yaitu fajar. kemudian sempurnakanlah puasa itu sampai (datang) malam.” (Al-Baqarah: 187).

Jika dihalalkan pada malam hari bulan puasa untuk bercampur suami istri, juga makan dan minum, maka maknanya di siang harinya hal itu tidak diperbolehkan.

4.Haid

5.Nifas

Dalil dari kedua hal nomor 4 dan 5 adalah dari hadist Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wassalam: Dari Abu Said Al-Khudri radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Bukankah ketika wanita sedang haid dia tidak boleh shalat dan puasa..” (HR. Bukhari 304).

6.Murtad (keluar dari Islam)

Jika seseorang sudah keluar dari Islam, maka ibadah yang seharusnya diperintahkan bagi seorang muslim menjadi tidak sah dan batal bagi dirinya. Salah satu dalilnya adalah dalam QS. Al-Baqarah: 217.

7.Muntah sengaja

Muntah yang disengaja membuat puasa seseorang menjadi batal. Hal itu berdasarkan dalil dari hadis:

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Siapa yang muntah tidak sengaja dan dia sedang puasa maka tidak perlu dia qadha. Namun barangsiapa yang sengaja muntah maka dia harus mengqadha.” (HR. Abu Daud 2380 dan dishahihkan Al-Albani).

Wallahu ‘alam.

 

 

Komentar Anda