Scroll to Top

Wah, Tidur Siang Saat Puasa Berikan Manfaat Ini

By C Novita / Published on Friday, 18 May 2018

tidur siang

Walau sedang berpuasa, namun produktifitas dan aktifitas seorang muslim tidak boleh berhenti. Di sela-sela aktifitas tersebut, disunnahkan untuk tidur siang. Manfaatnya tidak saja mendapat pahala, namun dari sisi kesehatan juga telah terungkap dalam beberapa penelitian.

Berikut ini ayat Al Quran yang menyebutkan tentang tidur siang, dalam QS Ar Rum: 23, yang terjemahannya seperti berikut:

“Dan diantara tanda-tanda kekuasaanNya adalah tidurmu di waktu malam dan siang hari serta usahamu mencari sebagian dari karuniaNya. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang mendengarkan”.

Dalam kitab Zaadul Maad, Ibnul Qayyim rahimahullah menjelaskan bahwa ada dua manfaat tidur siang. Pertama yaitu menenangkan dan mengistirahatkan tubuh setelah beraktivitas. Kedua yaitu menyempurnakan proses pencernaan makanan yang telah masuk ke dalam tubuh.

Dalam keadaan berbaring dan tidur, sistem pencernaan diberi kesempatan untuk membersihkan diri. Saat itu juga pencernaan bisa mengeluarkan gas yang tak berguna di dalam usus, sehingga tak memicu kembung. Dengan begitu perut akan terasa lebih nyaman walau sedang kosong.

Dalam keadaan berpuasa, istirahat di siang hari juga membantu pikiran kembali fokus sehingga usai terbangun nanti pekerjaan dan aktifitas dapat dilakukan dengan lebih baik.

Sistem metabolisme tubuh pun menjadi lebih baik dengan tidur siang, sebab disaat tubuh beristirahat maka kerja sel dapat maksimal. Apalagi nutrisi makanan yang Anda konsumsi saat sahur juga lebih terserap dengan baik.

Dari sisi kesehatan psikis, tidur siang dapat menurunkan risiko stres, depresi, dan ketegangan.

Namun tentu tidak dianjurkan juga untuk terus tidur dalam waktu lama di siang hari, sebab tidur siang hanya baik jika dilakukan 15 menit sampai 1 jam. Semoga bermanfaat.

 

 

Komentar Anda