Scroll to Top

Biasakan Mencuci Tangan Usai Pegang Uang Karena Alasan Ini

By C Novita / Published on Monday, 21 May 2018

pegang uang

Mungkin Anda tak menyadari bahwa sebenarnya uang yang digunakan sehari-hari sebagai alat transaksi itu mengandung banyak sekali kuman dan bakteri. Walau terlihat bersih dan rapi, tak berarti uang tersebut aman dipegang. Anda malah disarankan untuk selalu mencuci tangan usai memegang uang, tak perduli yang berbentuk kertas atau logam.

Pernahkah Anda memikirkan, sudah berapa ratus orang yang memegang uang yang ada di tangan Anda. Siapa saja, dan apakah tangannya bersih atau mengandung kuman atau bakteri berbahaya?

Karena itu, jangan sering memegang benda tersebut, apalagi membiasakan anak-anak dan balita memegang uang.

Sebuah penelitian yang telah dipublikasi dalam jurnal Frontiers in Microbiology mengungkap bahwa di permukaan uang, hidup dan berkumpul berbagai bakteri penyebab penyakit.

Peneliti mengambil sampel uang kertas dari 12 rumah sakit berbeda serta tiga stasiun kereta di Hong Kong. Sampel itu diteliti, untuk melihat ada berapa banyak bakteri di bagian-bagiannya. Juga dilihat apakah serangga bisa hidup dan bertahan di atasnya.

Peneliti juga mengambil sampel kotoran yang ada di tangan orang, udara di stasiun, air minum, dan juga genangan air.

Hasilnya cukup mengejutkan karena ternyata dibanding berbagai benda lainnya, uang kertas mengandung lebih banyak bakteri penyakit.

Terungkap bahwa 36% bakteri yang menempel dan hidup di uang kertas bersifat patogenik atau bisa memicu penyakit. Antara lain adalah bakteri E. coli dan Clostridium difficile.

Tak kalah mengejutkan, bakteri patogen yang ada di uang tersebut ternyata banyak yang resisten terhadap antibiotik. Jumlahnya melebihi yang ada di berbagai sampel benda lain.

“uang kertas bekerja bagai medium yang ‘menyerap’ bakteri dari tempat lain. Patogen potensial tumbuh subur di atas permukaan uang kertas,” demikian ditulis oleh peneliti bernama Jun Li, Ph.D.

Untuk menghindari penyakit yang bisa dipicu akibat memegang uang kotor, maka sebisa mungkin cucilah tangan usai memegangnya, demikian dilansir laman Men’s Health.

 

 

 

Komentar Anda