Scroll to Top

Tips Sederhana Agar Terhindar dari Kanker Melanoma

By C Novita / Published on Wednesday, 23 May 2018

melanoma

Meninggalnya menantu Hatta Rajasa, Adara Taisa akibat mengalami penyakit kanker melanoma atau kanker kulit membuka mata kita bahwa semua orang memiliki risiko untuk mengalami penyakit tersebut. Tentu ada cara untuk bisa meminimalkan risiko, dan kita semua pun bisa melakukannya.

Seseorang bisa mengalami penyakit kanker melanoma dipicu oleh beberapa faktor, antara lain adalah usia, jenis kelamin, ras, dan riwayat keluarga. Namun yang diduga paling sering jadi pemicu adalah paparan sinar ultra violet (UV) matahari.

Dilansir laman American Cancer Society, Selasa (22/5), berikut ini beberapa tips agar risiko mengalami penyakit kanker melanoma atau kanker kulit dapat ditekan:

Batasi terkena sinar UV

Paparan sinar matahari di negara tropis ini sangat luas, sehingga Anda harus berusaha meminimalkan kulit agar tak terkena sinar UV nya. Caranya mudah, cukup memakai tabir surya, jangan sering berada di bawah sinar terik matahari, gunakan topi, kacamata hitam, dan losion yang mengandung SPF.

Amati tahi lalat

Jika Anda memiliki tahi lalat, amati apakah bentuknya makin hari makin berubah. Makin besar, berubah warna, atau menjadi berkerut. Segera periksa ke dokter jika hal itu terjadi sebab bisa jadi hal tersebut adalah kanker.

Kuatkan sistem kekebalan tubuh

Makin kuat sistem kekebalan tubuh maka penyakit akan sulit membuat Anda tumbang. Itu juga berlaku untuk penyakit kanker melanoma. Kekebalan tubuh akan melawan penyakit dan sel yang merusak.

Konsumsi makanan sehat adalah cara mudah untuk membuat kekebalan tubuh Anda kuat. Semoga bermanfaat.

 

 

Komentar Anda