Scroll to Top

9 Catatan Khusus El Clasico Kemarin

By Fitra Firdaus / Published on Friday, 20 Jan 2012

Kemenangan Barcelona di leg pertama Copa del Rey mencatatkan hal-hal fantastis. Situs resmi Barcelona merangkum superioritas El Barca dalam angka.

Real Madrid vs Barcelona 1-2

  1. Barcelona menguasai 68 % ball possession dalam laga kemarin. Sebuah hal yang sangat mencolok ketika menghadapi klub dengan lini depan terbaik di dunia.
  2. Barcelona mencatatkan 744 pass completion; 3 kali lipat dari para pemain Real Madrid yang cuma 234 kali mengirim umpan tepat sasaran.
  3. Dari jumlah di atas, Xavi Hernandez menjadi pemberi pass terbaik. Ia mencatatkan 122 pass sempurna dari 140 kali umpan. Sementara, di bawahnya ada Sergio Busquets yang membuat 109 pass sempurna dari 117 kali. Lagi-lagi hal ini jauh berbeda dari Real Madrid. Pemain dengan rerata umpan terakurat dalam laga kemarin adalah Xabi Alonso dengan 35 dari 40 kali pass (87,5%).
  4. Para pemain Barcelona cuma melakukan pelanggaran sebanyak 13 kali; sementara Los Blancos 20 kali. Jumlah kartu kuning pemain Real Madrid juga lebih banyak, yaitu 4 kartu kuning sedangkan Barcelona 3 kali. Los Blancos bahkan bisa dikatakan beruntung, Pepe lolos dari pantauan wasit dan hakim garis atas aksinya menginjak kaki Lionel Messi.
  5. Perbedaan paling mencolok barangkali soal tendangan sudut. Real Madrid cuma 2 kali melakukan corner sementara Barcelona delapan. Salah satunya bahkan berbuah gol Carles Puyol.
  6. Gol terakhir Barcelona dicetak oleh pemain belakang yang baru memperbarui kontrak hingga 2013, Eric Abidal. Si gaek asal Perancis sebenarnya baru mencetak 2 gol sepanjang kariernya di Barcelona, termasuk di El Clasico kemarin. Uniknya, gol pertama Abidal juga terjadi di Copa del Rey saat menghadapi Athletic Bilbao di San Mames.
  7. Jumlah tembakan yang dilepaskan Barcelona ada 11 kali, sementara Real Madrid cuma lima. Tembakan ke gawang juga cukup kontras. Barcelona mencatat 5 kali upaya mengancam gawang Iker Casillas, sementara Madrid cuma dua kali membahayakan gawang Jose Manuel Pinto.
  8. Laga ini merupakan laga ke-300 Lionel Messi. Ia memang tidak mencetak gol, tapi memberikan assist luar biasa untuk Eric Abidal.
  9. Di sisi lain, ada PR besar untuk Lionel Messi. Dengan laga tandang ini, ia baru mengoleksi 1 gol dalam 10 partai away di tingkat domestik, baik untuk La Liga maupun Copa del Rey.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda