Scroll to Top

Bak Mandi Air Panas Terbesar di Pamukkale, Turki

By C Novita / Published on Friday, 20 Jan 2012

Pamukkale merupakan salah satu objek wisata di Turki, tepatnya berada di propinsi Denizli yang merupakan sebuah sumber air panas dekat gunung berapi. Bentuknya yang unik membuatnya menjadi satu-satunya sumber air panas yang mirip dengan bak mandi bertingkat-tingkat.

Keunikannya tersebut juga menjadikannya sebagai salah satu Situs Warisan Dunia yang harus dilestarikan. ‘Bak mandi’ melengkung yang bertingkat-tingkat itu menampung curahan air panas dan terbentuk secara alami selama beribu tahun karena endapan kalsium dan hidrogen karbonat serta berbagai mineral alam lain yang terdapat dalam air.

Arti Pamukkale sendiri dalam bahasa Turki adalah “Benteng Kapas”. Itu karena dari kejauhan, susunan bak-bak kalsium itu mirip sekali dengan kapas karena warnanya yang putih.

Yang luar biasa lagi, tidak hanya satu sumber air panas yang mengalir dan mengisi setiap bak tersebut, melainkan ada 17 buah. Masing-masing bahkan memiliki tingkat suhu tertentu, dari hangat sampai sangat panas.

Satu lagi keunikan Pamukkale, ada sebuah situs bangunan tua yang setengah tertimbun oleh kalsium yang terus menumpuk dari aliran air panas tersebut selama ribuan tahun, bernama Hierapolis.

Hierapolis merupakan sebuah tempat pemandian kuno, yang telah ada ribuan tahun lamanya di sana, dan menjadikan Pamukkale sebagai Situs Warisan Dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda