Scroll to Top

Balancing Rock, Batu Yang Berdiri Selama Beribu Tahun

By C Novita / Published on Friday, 20 Jan 2012

Alam sering melakukan hal-hal yang dirasa mustahil dalam pikiran manusia, menjadi sebuah hal nyata. Contohnya, di sebuah lokasi wisata di Canada, tepatnya berada di Digby, Long Island. Terdapat sebuah batu yang berdiri dengan keseimbangan penuh selama beribu tahun.

Desa bernama Tiverton sebenarnya cukup jauh dari ibukota Canada, karena berada di sebuah pulau karang kecil. Namun sebuah batu yang dikenal sebagai “Balancing Rock“, membuat pulau karang tersebut terkenal hingga ke seluruh dunia.

Perjalanan menuju pulau tersebut pun lumayan memakan waktu. Dari kota Digby, para wisatawan harus naik ferri melalui pelabuhan Digby ke Long Island, dimana pulau karang Tiverton berada.

Tahun 1990-an, saat keberadaan Balancing Rock belum meluas seperti saat ini, tempat tersebut masih menjadi tempat yang berbahaya dan sulit dijangkau. Pariwisata di daerah Tiverton masih belum berkembang pesat.

Namun sejak keberadaan Balancing Rock tersebar oleh para fotografer, dan berbagai tour wisata menjadikan Batu Keseimbangan itu jadi salah satu objek wisata andalan, maka mulailah Tiverton ramai dikunjungi wisatawan.

Batu yang berdiri di sisi karang pinggir laut dengan tinggi sekitar 30 kaki itu hampir 50% nya tergantung di ujung laut. Hanya tangan alam saja yang menjaganya selama ribuan tahun disana menghadapi badai dan hujan serta angin laut yang keras tanpa tergoyahkan sama sekali.

Balancing Rock termasuk ke dalam batuan “Basalt“, yang merupakan hasil aktifitas vulkanologi. Ia muncul ke permukaan bumi secara vertikal. Luar biasa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda