Scroll to Top

Duel Persija vs Persebaya Batal, Status Laga Masih ‘Mengambang’

By Aden Isna Riadna / Published on Monday, 04 Jun 2018

Duel Persija vs Persebaya Batal, PT LIB Belum Tentukan Status Laga

Duel Persija vs Persebaya yang sedianya digelar pada Minggu, 3 Juni 2018 pukul 20.30 WIB di Stadion Sultan Agung, Bantul batal digelar karena tidak mendapatkan jaminan keamanan. Atas kejadian ini, PT LIB masih membaca situasi dan belum menentukan status laga di pekan ke-12 Liga 1 2018 tersebut.

Persija awalnya memilih menggelar laga di Bantul karena terkendala kondisi Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) yang direnovasi untuk Asian Games 2018. Namun, sejak Minggu pagi, terjadi bentrok yang melibatkan The Jakmania dan Bonek yang menyebabkan korban luka. Situasi genting ini dilanjutkan dengan langkah kepolisian membatalkan pertandingan beberapa saat sebelum laga.

Panpel Persija mengungkapkan,gelaran laga itu tidak dapat terlaksana. Oleh karenanya, mereka mengembalikan keputusan kepada PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator Liga 1 2018.

“Melihat situasi dan kondisi di lapangan terkait pertandingan antara Persija Jakarta vs Persebaya Surabaya di Stadion Sultan Agung, Bantul tanggal 3 Juni 2018 tidak terlaksana sebagaimana mestinya dikarenakan keributan/bentrok antara kedua supporter The Jakmania dan Bonek serta tidak adanya jaminan keamanan dari kepolisian. Dan hal tersebut di atas akan kita kembalikan terkait status pertandingan ke PT LIB.”

Minggu malam, setelah kabar laga Persija vs Persebaya dibatalkan, PT LIB mengeluarkan pernyataan resmi. PT LIB hanya menyebutkan, mereka butuh waktu untuk mengumpulkan bukti dan fakta terkait pertandingan sebelum mengambil keputusan atas status laga, apakah berakhir dengan kemenangan WO tim tamu ataukah ditunda.

“Menanggapi pemberitahuan tersebut (dari panpel), PT LIB memastikan bahwa pertandingan Persija vs Persebaya pada pekan 12 Liga 1 2018, gagal terlaksana. Untuk putusan berikutnya terkait status pertandingan tersebut, akan diumumkan secepatnya.”

Pembatalan laga pada Minggu malam sendiri memiliki dua versi. Panpel Persija menekankan, polisi yang membatalkan pertandingan tersebut. Namun, Polda DIY melalui akun twitter resmi mereka merilis pernyataan bahwa pihak yang membatalkan laga adalah Panitia Pelaksana (Panpel) Persija. Dalam keterangannya, Polda DIY mengeluarkan butir-butir pernyataan berikut.

1. Polda DIY tidak membatalkan pertandingan tersebut. Kick off sedianya akan dilaksanakan pada pukul 20.30 WIB.

2. Pembatalan pertandingan di putuskan oleh Panitia Pelaksana Pertandingan. bukan oleh Polisi dalam hal ini Polda DIY.

3. Memang pengumuman pembatalan itu disampaikan oleh Polisi karena Polisi memiliki kendaraan yang dilengkapi dengan pengeras suara, sehingga efektif untuk menyampaikan kepada para suporter yang ada di sekitar Stadion Sultan Agung Bantul

4. Sekali lagi kami tegaskan, bahwa Pembatalan bukan dari Polda DIY, tetapi murni keputusan Panitia Pelaksana Pertandingan. Pihak Polda DIY hanya menyampaikan apa yang Panpel putuskan.

 

Komentar Anda