Scroll to Top

Dani Pedrosa Resmi Tinggalkan Repsol Honda Setelah MotoGP 2018

By Aden Isna Riadna / Published on Wednesday, 06 Jun 2018

Hasil MotoGP Valencia 2017 Dani Pedrosa Menang, Duo Ducati Tumbang 3

Dani Pedrosa resmi bakal meninggalkan Honda pada akhir musim 2018. Pebalap Spanyol tersebut mengakhiri kemitraannya bersama tim asal Jepang tersebut yang dimulai sejak 2002, ketika ia masih bertarung di kelas 125 cc (sekarang Moto3). Meskipun tergolong pebalap dengan talenta luar biasa, karier Pedrosa di MotoGP kurang beruntung karena ia belum pernah merasakan satu gelar juara MotoGP pun sepanjang 13 musim berkiprah.

“Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada HRC untuk tahun-tahun penuh kesuksesan besar ini. Saya tidak hanya tampil sebagai pebalap bersama mereka, tetapi juga diperlakukan sebagai manusia seutuhnya. Saya akan selalu memiliki HRC dalam ingatan saya dan dalam hati saya,” ungkap Pedrosa dikutip dari Motorsport.com.

Perjalanan panjang Dani Pedrosa berbuah gelar baik di kelas 125 cc maupun di 250cc. Namun sejak masuk ke MotoGP dan bergabung dengan Repsol Honda pada 2006, keberuntungan tidak berpihak pada Pedrosa. Banyak yang menyebut, pebalap Spanyol tersebut memang kurang pas berlaga di MotoGP dengan tubuhnya yang terlalu mungil. Pedrosa yang akan berulang tahun ke-33 pada 29 September mendatang, memiliki tinggi 158 centimeter saja.

Dani Pedrosa sendiri sudah mengklaim 31 kemenangan race di MotoGP. Ia mampu menjadi runner-up kompetisi pada tahun 2007, 2010 dan 2012. Pada tahun yang disebut terakhir, Pedrosa sebenarnya meraih tujuh kemenangan, satu lebih banyak dari sang juara Jorge Lorenzo. Namun, jumlah angka yang didapatkannya kalah banyak.

Presiden HRC, Yoshishige Nomura pada Selasa (5/6) lalu menyebutkan, “Hari ini adalah hari yang menyedihkan bagi saya. Atas nama HRC, saya ingin berterima kasih kepada Dani atas semua kerja keras dan suksesnya. Kami mengucapkan terima kasih atas kebersamaannya selama ini. Kami juga mendoakan yang terbaik dari keberuntungan dan kesuksesan. Terima kasih, Dani.”

Pertanyaan besar yang muncul saat ini adalah, siapa pengganti Dani Pedrosa di Repsol Honda. Tidak sedikit yang menyebutkan, Jorge Lorenzo yang nasibnya di Ducati menggantung, bisa menjadi partner Marc Marquez mulai musim depan. Lorenzo sendiri baru mencatatkan kemenangan pertamanya di Ducati di GP Italia akhir pekan lalu.

Komentar Anda