Scroll to Top

Zaskia Adya Mecca Bandingkan Tradisi Lebaran Keluarga Di Jakarta Dan Yogyakarta

By Tyas / Published on Wednesday, 06 Jun 2018

Zaskia Adya Mecca-Anak

Zaskia Adya Mecca terbiasa merayakan hari raya Lebaran di dua kota yakni di Jakarta, tempat keluarganya, serta di Yogyakarta, tempat keluarga Hanung Bramantyo, suaminya. Zaskia pun membandingkan tradisi Lebaran keluarganya di Jakarta dan Yogyakarta.

Zaskia menyebut jika tradisi Lebaran di Yogyakarta sedikit aneh. Karena setelah sholat Ied, semua orang yang berada di satu lingkungan dengan keluarganya di sana akan berkumpul di masjid untuk bersalam – salaman. Setelah selesai bermaaf – maafan, mereka akan pulang ke rumah masing – masing dan beristirahat. Berbeda dengan tradisi keluarganya di Jakarta yang masih mempertahankan tradisi berkunjung dari satu rumah ke rumah yang lain untuk bermaaf – maafan.

“Kalau di Jakarta, muter ke rumah saudara juga nggak kelar-kelar. Kalau lebaran di Jogja agak absurd. Abis salat ied kita ke masjid, di sana kita salaman sama satu kampung, sama 300 orang kita salaman. Kelar setengah 10, mas Hanung ngajak pulang, masuk kamar, ganti celana terus tidur. Dia bilang, udah selesai karena udah silaturahmi, salam-salaman. Jadi kalau di Jogja tuh lebaran nggak berasa lebaran sama sekali. Jam 10 pagi tuh kita udah pada tiduran di kasur. Udah nggak ada tradisi muter. Kalau di Jakarta, 2 hari juga nggak kelar,” cerita Zaskia, dikutip Kapanlagi (5/6).

Ibu dari empat anak ini juga mengatakan soal baju seragam Lebaran yang selalu memilih warna putih.

“Kalau keluarga besar biasanya pakai putih-putih. Kalau keluarga kecil aku sama mas Hanung biasanya pakai baju santai, aku bawa baju putih. Ya anak-anak makannya lontong, kalau pakai baju putih belum nyampe rumah saudara juga udah berantakan. Nanti kalau mau foto baru pakai baju putih. Kelar foto copot lagi. Jadi pakai baju putih buat foto aja,” tuturnya.

Komentar Anda