Scroll to Top

5 Makanan Ini Hasilkan Racun Bila Dipanaskan Berulang Kali

By C Novita / Published on Wednesday, 06 Jun 2018

telur bikin mata terjaga

Makanan yang tak habis dikonsumsi hari ini terkadang sayang untuk dibuang, sehingga kaum ibu memilih untuk memanaskannya lagi keesokan harinya. Namun Anda perlu tahu bahwa ada beberapa jenis makanan yang jika dipanaskan kembali akan menghasilkan racun.

Karena itu sebaiknya hindari memanaskan lagi makanan tersebut sebab berpengaruh buruk bagi kesehatan. Solusinya, menghabiskan makanan tersebut langsung atau memasak dalam jumlah sedikit agar tidak harus memanasi lagi.

Jika nekat makan makanan yang dipanaskan berulang tersebut maka Anda bisa keracunan atau mengalami masalah pencernaan. Berikut ini 5 makanan tersebut seperti dilansir Timesofindia, Rabu (6/6/2018).

Kentang

Kentang yang dipanaskan berulang kali akan membuatnya kehilangan hampir semua nutrisi. Jika didiamkan hingga belasan jam di suhu ruang maka ia dapat memicu keracunan makanan atau gangguan pencernaan yang ditandai dengan rasa mual. Demikian juga saat dipanaskan lagi.

Nasi

Pada beras, terdapat spora yang jika dipanaskan berulang akan berubah menjadi bakteri. Ini bakteri yang memicu gangguan pencernaan, dengan gejala mual dan muntah. Jika nasi dipanaskan lagi juga dapat kehilangan seluruh nutrisinya.

Telur

Kandungan protein dalam telur tinggi, dan ini yang menyebabkannya beracun jika dipanaskan berulang kali. Hasilnya Anda bisa mengalami masalah pencernaan, sakit perut atau mual.

Ayam

Sama seperti telur, kandungan protein daging ayam juga membuatnya bisa menghasilkan zat beracun saat dipanaskan berulang kali.

Bayam

Sayur bayam hanya aman dan menyehatkan dikonsumsi setelah enam jam usai dimasak. Jika masih tersisa banyak, lebih baik Anda tidak memakannya lagi sebab kandungan zat besi dan nitratnya akan berubah menjadi racun. Racun itu bersifat karsinogenik atau memicu kanker.

 

 

 

Komentar Anda