Scroll to Top

Ini Manfaat dari Kebiasaan Jalan Cepat

By C Novita / Published on Friday, 08 Jun 2018

atlet-jalan-cepat-pon_20160927_184222

Memiliki kebiasaan berjalan dengan cepat ternyata bisa memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh dan jiwa. Saran para ahli kebugaran, per hari lakukan brisk walking atau jalan cepat selama 30 menit saja sudah mampu mengurangi risiko munculnya penyakit kardiovaskular.

Lebih lanjut, dilansir laman Time Now New ada beberapa manfaat lain yang bisa diperoleh. Ini diantaranya:

Otot fleksibel

Ada banyak otot tubuh yang bergerak saat Anda melakukan gerakan berjalan cepat. Semua otot ini seperti sedang melakukan latihan untuk membuatnya jadi lebih fleksibel dan kuat. Tak hanya otot namun sendi-sendi dalam tubuh pun turut bergerak dan berlatih.

Tingkatkan detak jantung

Saat sedang berjalan cepat, detak jantung meningkat ke intensitas lebih tinggi. Ini tentu baik untuk kesehatan karena bisa menurunkan risiko penyakit kardiovaskular. Selain itu lansia disarankan melakukan olahraga ringan ini karena tidak terlalu melelahkan.

Turunkan risiko darah tinggi

Olahraga ringan seperti jalan cepat mudah dilakukan namun bisa menurunkan risiko penyakit tekanan darah tinggi. Juga penyakit diabetes tipe 2, stroke, dan kanker serta penyakit lain.

Hilangkan stres

Tidak banyak yang menyadari bahwa kebiasaan berjalan cepat dapat menurunkan tingkat stres, depresi, juga tubuh akan melepaskan hormon anti-stres yakni endorfin.

Mengingat manfaatnya seperti di atas, melakukan kegiatan ini sangat disarankan bagi semua orang dewasa dan lansia.

 

Komentar Anda