Scroll to Top

Selain Kacang, Makanan Ini Juga Sebabkan Jerawat

By C Novita / Published on Saturday, 09 Jun 2018

selai kacang

Selama ini kacang diyakini jadi salah satu makanan yang memicu munculnya jerawat. Faktanya, kacang bukan satu satunya penyebab timbulnya masalah kulit tersebut. Kebiasaan tidak membersihkan wajah saat hendak tidur, pola makan buruk, juga produksi hormon yang sedang tinggi juga.

Selain kacang, Anda perlu juga tahu bahwa beberapa jenis makanan lain dapat menimbulkan jerawat. Apa saja? berikut informasinya seperti dilansir laman Boldsky:

Karbohidrat olahan

Karbohidrat olahan (refined carbohydrates) bisa dijumpai dalam makanan seperti kue kering, cake, biskuit, muffin, dan roti. Sebuah studi menyebut bahwa jenis karbohidrat itu tinggi kandungan glisemik, yang terbukti memicu munculnya jerawat.

Alasannya, bila Anda makan makanan tersebut maka hormon insulin akan diproduksi lebih banyak. Akibatnya hormon lain juga meningkat, termasuk yang mengakibatkan produksi minyak di kulit meningkat.

Lemak jenuh

Makanan yang kaya lemak jenuh atau saturated fat misalnya adalah burger, pizza, ayam goreng, dan junk food dapat memicu jerawat sebab tinggi lemak. Lebih disarankan Anda untuk mengonsumsi makanan sehat, segar dan banyak serat.

Roti tawar

Roti tawar juga termasuk yang memicu jerawat, jadi pilihlah roti yang terbuat dari gandum utuh. Warrna roti gandum utuh biasanya agak kecoklatan, berbeda dengan warna roti tawar yang putih.

Mengapa roti tawar bisa memicu jerawat, sebab kandungan glisemiknya tinggi, dan memicu produksi insulin tinggi.

Untuk menyembuhkan dan mencegah jerawat, perbanyak makan buah seperti mentimun dan semangka, juga sayuran serta minum air putih.

 

 

 

Komentar Anda