Scroll to Top

Duet Jorge Lorenzo-Marc Marquez di Honda Bakal Luar Biasa

By Aden Isna Riadna / Published on Saturday, 09 Jun 2018

Setahun di Ducati, Jorge Lorenzo Layak Jadi Calon Juara MotoGP 2018 2

Duet Jorge Lorenzo dan Marc Marquez di Repsol Honda mulai MotoGP 2019 bakal sangat menjanjikan. Pasalnya, kedua pebalap sama-sama pernah menjadi juara dunia di kelas MotoGP. Bahkan kini Honda memiliki komposisi terkuat dibandingkan dengan tim lain seperti Ducati atau Yamaha.

Ketika Repsol Honda menunjuk Alberto Puig sebagai manajer tim mereka awal tahun ini, muncul pertanyaan apakah ia bisa sejajar dengan Livio Suppo yang digantikannya. Namun, hanya daam tempo singkat, Puig membuktikan kelasnya dengan menggandeng Lorenzo masuk Honda.

Ini adalah keberhasilan luar biasa, karena Honda dengan demikian memiliki kombinasi dua juara dunia. Sementara itu, Yamaha musim depan hanya memiliki Valentino Rossi sebagai juara dunia. Maverick Vinales, dengan performanya yang luar biasa, toh selama ini hanya menjadi juara seri.

Sementara itu, Ducati malah benar-benar melakukan pertaruhan. Mereka memasang kombinasi dua pebalap Italia, Andrea Dovizioso dan Danilo Petrucci yang sama-sama belum meraih gelar juara dunia MotoGP. Dengan demikian, di atas kertas, tidak ada yang bisa menandingi Honda musim depan.

Kedatangan Jorge Lorenzo adalah jawaban dari tuntutan Marc Marquez. Selama ini, Marquez berharap memiliki rekan setim yang bisa memacunya lebih baik. Di Mugello akhir pekan lalu, Baby Alien menyebutkan, “Saya selalu berkata, ingin memiliki rekan setim paling tangguh.”

Jorge Lorenzo, juara dunia tiga kali di Yamaha, memang membutuhkan 24 balapan untuk akhirnya juara seri di Ducati. Itu setara dengan satu setengah tahun. Namun, hal tersebut juga membuktikan, Lorenzo mampu menaklukkan motor Ducati yang dianggap tidak cocok dengan gaya membalapnya.

Sekarang, mesin Honda juga dianggap sangat rumit. Menurut Marc Marquez, untuk bisa mengendarai RC213V, dibutuhkan kemampuan membalap hingga batas akhir. Tantangan baru untuk Jorge Lorenzo, untuk membuktikan dirinya memang sosok yang ditunggu Marquez selama ini.

Di sisi lain, Marc Marquez juga akan terbawa ke dalam dimensi pertarungan yang baru. Jangan lupakan, selama tujuh tahun di Yamaha, Jorge Lorenzo adalah bara yang membuat banyak konflik dengan Valentino Rossi, pebalap terhebat era MotoGP setidaknya hingga saat ini.

Komentar Anda