Scroll to Top

Pep Guardiola: Saya Tidak Akan Pernah Melatih Barcelona Lagi!

By vratislav / Published on Tuesday, 12 Jun 2018

Pep Guardiola Saya Tidak Akan Pernah Melatih Barcelona Lagi! (2)

Pep Guardiola menegaskan, dirinya tidak akan pernah melatih Barcelona lagi. Sang pelatih asal Katalonia mengungkapkan, dirinya tidak berniat mencoba menciptakan kembali kesuksesa di Barca, kala ia merebut 14 gelar hanya dalam tempo empat tahun. Pep ​​mengakui waktunya di Camp Nou sudah pergi untuk selamanya.

Bersama Barcelona, Pep Guardiola menancapkan kuku sebagai salah satu pelatih terbaik di generasi ini. Disebut demikian karena Pep memenangi semua gelar yang tersedia bersama Barca, termasuk dua kali gelar Liga Champions dan tiga kali gelar Liga Spanyol.

Setelah era itu, Pep Guardiola pindah ke Bayern Munchen dan meraih tiga gelar juara Liga Jerman di sana. Pep kemudian menyeberang ke Liga Inggris. Bersama Manchester City, Pep membutuhkan waktu dua tahun untuk meraih gelar Premier League, tetapi sekali ia mendapatkannnya, Pep mampu mendapatkan 100 poin dalam semusim.

Kini, pelatih yang dahulu pernah bermain untuk Brescia tersebut mengungkapkan, tidak akan kembali ke Barcelona. Bagi Pep, masanya di Barca sudah lewat karena ia tidak dapat mencipakan kembali keunikan yang membuat Barcelona mendominasi Eropa selama empat tahun.

Kepada TV3, Pep Guardiola mengungkapkan, “Sebagai pelatih (Barcelona), semuanya sudah berakhir. Saya tidak sama, mereka juga tidak melihat saya dengan cara yang sama.”

Pep Guardiola Saya Tidak Akan Pernah Melatih Barcelona Lagi! (1)

“Saya berada di usia yang fantastis di sana ketika saya menaklukkan dunia. Kami melakukannya dengan beberapa pemain luar biasa, seorang presiden muda (Joan Laporta), Txiki (Begiristain) … Barcelona era itu adalah generasi pemain yang ‘brutal’ dan memiliki pemain terbaik di dunia (Lionel Messi). Di sana juga ada bintang-bintang yang berdiri dsejajar.”

Pep Guardiola pernah berkata, dia awalnya berniat ingin menjadikan Lionel Messi sebagai pemain terbaik dunia, namun ujungnya Messi yang membuatnya jadi pelatih terbaik dunia. Kini, Pep tidak segan memaparkan fakta sesungguhnya dari Messi selama empat tahun ia menyepuhnya untuk memenangi empat Ballon d’Or.

“‘Messi itu unik. Dia tidak akan mengeluh di luar lapangan, tetapi ketika dia tidak suka sesuatu di lapangan, dia akan mengatakannya. Di luar lapangan dia sangat tenang.”

Komentar Anda