Scroll to Top

BamBam GOT7 Dikritik karena Menirukan Pose Wakanda Forever

By Ika / Published on Wednesday, 13 Jun 2018

BamBam GOT7

BamBam GOT7 baru-baru ini diserang kritik pedas oleh para netizen, pasalnya idol yang berasal dari Thailand tersebut dianggap melakukan apropriasi budaya ketika menirukan pose populer dari film Black Panther.

Belum lama ini BamBam memang sempat mengunggah foto dirinya di Instagram. Dalam foto itu, BamBam terlihat menirukan pose ‘Wakanda Forever’ dengan menyilangkan kedua tangannya di depan dada.

Ia juga terlihat mengenakan kalung yang mirip seperti yang dipakai oleh T’Challa di Black Panther. Tak hanya itu, member GOT7 ini juga menuliskan kalimat singkat ‘Wakanda Forever’ di kolom caption sebagai penjelas fotonya.

Sebenarnya tidak ada yang aneh dari foto tersebut. BamBam sendiri terlihat seperti kebanyakan penggemar film lainnya yang terkena demam salam Wakanda. Tapi rupanya ada sebagian netizen yang menganggapnya tak sopan dan telah melakukan apropriasi budaya.

BamBam Got7

BamBam pun tidak tinggal diam melihat respon beberapa netizen. Menanggapi kritik pedas yang ia terima, BamBam langsung berkicau di Twitter untuk mengungkapkan kekecewaannya.

“Okay, jadi idol tidak diizinkan untuk menjadi penggemar film? Mengecewakan,” katanya.

Di sisi lain, banyak penggemar yang membela BamBam dan beranggapan kalau BamBam tidak melakukan kesalahan apapun, apalagi Wakanda adalah nama tempat fiktif yang tidak benar-benar nyata.

“Apropriasi kultural? Wakanda adalah tempat fiktif. Sebagai orang kulit hitam, aku tidak tersinggung kalau ada orang dari ras lain yang melakukan salam Black Panther,” kata salah satu netizen.

Komentar Anda