Scroll to Top

Tampilkan Gambar Nabi Muhammad, Acara TV di Korea Dikecam Keras

By Ika / Published on Wednesday, 13 Jun 2018

On The Border MBC

Stasiun televisi Korea Selatan MBC tampaknya tidak belajar dari kesalahan. Setelah tahun lalu dikritik karena dianggap menghina Islam, kali ini MBC menayangkan acara On The Border yang lagi-lagi menyinggung umat Islam di seluruh dunia.

On The Border adalah program TV yang dipandu oleh komedian Kim Gu Ra, aktris Lee Si Young, dan sejarawan Seol Min Seok. Dalam acara ini, mereka harus berkeliling ke sejumlah tempat perbatasan sambil ditemani dengan bintang tamu.

Acara ini sebenarnya cukup disukai karena sangat informatif, tapi episode ‘Jordan-Israel’ langsung menuai kontroversi karena kontennya yang dianggap menyinggung umat Islam. Program TV ini jelas-jelas memasukkan gambar Nabi Muhammad untuk mendefinisikan agama Islam.

https://twitter.com/chanuontop/status/1005986322144808960

On The Border juga menyertakan gambar masjid Dome of Rock dengan bendera Israel di puncaknya, padahal bangunan ini jelas-jelas milik Palestina dan umat Islam. Kesalahan lain dari acara ini adalah menyebut Israel sebagai negara tetangga Yordania dan mengabaikan fakta bahwa orang-orang Palestina sedang menderita akibat perlakuan Zionis.

Terkait masalah ini, MBC akhirnya menyeluarkan pernyataan maaf secara resmi.

“Kami minta maaf sedalam-dalamnya karena telah menyinggung Muslim dan penonton lainnya. On The Border dibuat untuk membahas sejarah dan budaya dua negara yang berbatasan tanpa memihak,” kata MBC.

“Kami akan lebih berhati-hati untuk memeriksa dan memperhatikan detail serta keseluruhan konten agar penonton dengan latar belakang budaya yang berbeda tidak tersinggung. Sekali lagi, kami meminta maaf secara tulus.”

Komentar Anda