Scroll to Top

Resmi: AS, Kanada, dan Meksiko Tuan Rumah Piala Dunia 2026

By Wan Faizal / Published on Wednesday, 13 Jun 2018

WC2026

Tiga negara dari Amerika Utara yakni Amerika Serikat, Kanada, dan Meksiko secara resmi ditunjuk menjadi tuan rumah Piala Dunia 2026. Itu terjadi setelah dalam kongres yang digelar FIFA di Moscow hari ini, ketiganya mendapatkan 67 persen suara dan mengalahkan Maroko yang hanya mendapatkan sisanya yakni 33 persen suara saja.

Terakhir kali Piala Dunia digelar di Amerika Utara adalah pada 1994 silam ketika AS menjadi tuan rumah tunggal. Tapi kali ini, mereka tidak sendirian karena dua kompatriot mereka disana yakni Kanada dan Meksiko turut menjadi tuan rumah. Itu juga berarti bahwa ketiganya nanti akan secara otomatis lolos ke putaran final.

“Piala Dunia FIFA 2026 akan digelar di Kanada, Meksiko, dan Amerika Serikat. Pada hari ini, Rabu 13 Juni 2018, Kongres FIFA ke-68 yang diadakan di Moscow, telah ditunjuk tiga negara untuk menghelat turnamen sepakbola paling akbar yang nantinya juga akan dimainkan oleh 48 negara,” demikian pernyataan dari FIFA.

Ya, Piala Dunia 2026 nanti memang akan menjadi wajah baru dari turnamen besar ini. Sebanyak 48 negara akan ikut serta dan itu berarti ada tambahan 16 negara dari yang biasanya hanya 32 negara saja.

Nantinya, 48 negara itu akan dibagi ke dalam 16 grup dimana masing-masing grup terdiri dari tiga tim saja. Dua tim teratas akan lolos ke babak 32 besar. Format tersebut memastikan bahwa dua tim yang bisa mencapai final tetap akan memainkan tujuh pertandingan seperti sebelumnya dan jumlah hari dalam turnamen ini tetap 32 hari saja.

Sementara itu satu hal menarik terjadi dalam pemilihan tuan rumah Piala Dunia 2026 ini. Yakni Spanyol ternyata tidak ikut ambil bagian karena mereka disibukkan dengan urusan dapur mereka sendiri yakni pemecatan pelatih Julen Lopetegui yang kemudian digantikan oleh Fernando Hierro.

Komentar Anda