Scroll to Top

Hasil Piala Dunia 2018: Swedia vs Korea Selatan 1-0, VAR Tentukan Hasil

By Wan Faizal / Published on Monday, 18 Jun 2018

SweKor1

Hasil Piala Dunia 2018 Grup F antara Swedia vs Korea Selatan berkesudahan dengan skor 1-0 untuk kemenangan wakil Eropa di Nizhny Novgorod Stadium, Senin (18/6). Skor Swedia vs Korea Selatan ini tak lepas dari peranan VAR yang memberikan penalti pada anak asuh Janne Andersen yang kemudian sukses dikonversi menjadi gol oleh Andreas Granqvist.

Melihat bagaimana hasil antara Jerman vs Meksiko kemarin, tak heran jika baik Swedia maupun Korsel sama-sama memburu kemenangan di pertandingan ini. Swedia harus diakui menjadi tim yang lebih baik permainannya dibanding Korsel meski sayangnya mereka juga agak kesulitan dalam menembus pertahanan rapat Korsel. Ada satu kans dari Granqvist yang sudah berhadapan dengan kiper namun ada tekel bersih dari Kim untuk menggagalkan peluang itu.

SweKor2

Menit 20, Swedia mendapatkan peluang kembali dan kali ini terjadi karena kemelut di depan gawang Korsel. Lini belakang Korsel gagal membuang bola dengan baik sehingga Toivonen bisa menyodorkan bola ke depan gawang dan disana berdiri Berg yang sebenarnya punya tugas mudah untuk mencetak gol. Namun sayangnya, sepakan Berg dengan luar biasa masih bisa ditepis oleh Cho dan mengamankan gawang Korsel.

Pasukan Shin Tae Young kemudian harus tertimpa sial karena salah satu pemain terbaiknya yakni Park mengalami cedera dan posisinya digantikan oleh Kim. Korsel sendiri terlihat tak bisa terlalu mengembangkan permainannya dan mereka kembali beruntung karena di akhir babak pertama tidak kebobolan ketika ada tandukan dari Claesson yang masih mengenai bek Korsel dan membawa bola melebar dari gawang.

SweKor4

Enam menit babak kedua berjalan, Korsel akhirnya mendapatkan peluang bersih di pertandingan ini. Berawal dari umpan di sisi kiri, Koo yang muncul dari lini kedua melepaskan tandukan di tiang dekat namun sayangnya arah bola hanya melebar dan mengenai jaring samping gawang Swedia yang dikawal Olsen. Beberapa menit kemudian aksi Hwang mampu merepotkan barisan pertahanan Swedia namun dalam momen krusial ada Jansson yang sukses menggagalkan peluang itu di kotak penalti.

Momen menentukan di pertandingan ini terjadi di menit 64 ketika Kim menjatuhkan Claesson di kotak penalti. Wasit sebenarnya tidak menghiraukan pelanggaran itu namun beberapa detik kemudian ia menghentikan laga untuk melihat VAR. Hasilnya, wasit mengubah keputusannya dan menunjuk titik putih dimana hadiah penalti tersebut sukses dikonversi menjadi gol oleh Andreas Granqvist.

SweKor5

Korsel tentunya harus bereaksi dengan situasi tersebut dan sang pelatih memainkan Lee untuk memperbaiki keadaan. Tidak terlalu berkembang sebenarnya permainan Korsel di laga ini namun memasuki menit 75, intensitas serangan mereka ke pertahanan Swedia cukup tinggi meski sayangnya tidak ada produk akhir yang bisa mereka hasilkan untuk menyamakan kedudukan.

Sementara Swedia sendiri bermain cukup tenang untuk bisa menetralisir permainan dari Korsel. Tak terlalu banyak lagi peluang yang tercipta selain kerjasama Son dan Hwang di menit akhir laga dan itu pun tidak berbuah apapun bagi Korsel. Skor 1-0 tetap terjaga dan praktis terjadi persaingan menarik di Grup F ini di sisa dua pertandingan nanti.

SweKor3

Data Pertandingan:

Swedia 1-0 Korsel (Granqvist 65’-pen)

Swedia Korea Selatan
No. Starting Eleven YC
RC
No. Starting Eleven YC RC
1. Robin Olsen 23. Cho Hyun Woo
2. Mikael Lustig 2. Lee Yong
18. Pontus Jansson 20. Jang Hyun Soo
4. Andreas Granqvist 19. Kim Young Gwon
6. Ludwig Augustinsson 6. Park Joo Ho (28′)
8. Albin Ekdal (71′) 16. Ki Sung Yueng
7. Sebastian Larsson (81′) 13. Koo Ja Cheol (73′)
17. Viktor Claesson 61′ 17. Lee Jae Sung
10. Emil Forsberg 11. Hwang Hee Chan 55′
20. Ola Toivonen (77′) 7. Son Heung Min
9. Marcus Berg 9. Kim Shin Wook (66′) 13′
Substitutes Substitutes
12. Karl-Johan Johnsson 1. Kim Seung Gyu
23. Kristoffer Nordfeldt 21. Kim Jin Hyeon
5. Martin Olsson 3. Jung Seung Hyun
11. John Guidetti 4. Oh Ban Suk
13. Gustav Svensson (81′) 5. Yun Young Sun
14. Filip Helander 8. Ju Se Jong
15. Oscar Hiljemark (71′) 10. Lee Seung Woo (73′)
16. Emil Krafth 12. Kim Min Woo (28′)
19. Marcus Rohden 14. Hong Chul
20. Jimmy Durmaz 15. Jung Woo Young (66′)
22. Isaac Kiese Thelin (77′) 18. Moon Seon Min
22. Go Yo Han
Coach Coach
Janne Andersson Shin Tae Yong
Referee Venue
Joel Aguilar Nizhny Novgorod Stadium

Komentar Anda