Scroll to Top

Hasil Piala Dunia 2018 Grup G: Belgia vs Panama 3-0, Lukaku Dua Gol

By Wan Faizal / Published on Tuesday, 19 Jun 2018

BelPan4

Hasil Piala Dunia 2018 Grup G dalam pertandingan antara Belgia vs Panama berakhir dengan skor 3-0 di Fisht Stadium, Senin (18/6). Skor Belgia vs Panama ini memang sudah sesuai dengan prediksi dimana pasukan Roberto Martinez bisa menekuk lawannya itu tanpa kesulitan berarti.

Belgia langsung memberikan tekanan gencar ke pertahanan Panama sejak menit awal. Menit enam, sebuah umpan dari Meunier dengan gemilang dilewatkan begitu saja oleh Hazard untuk diselesaikan Carrasco meski arah bola masih tepat mengarah ke Penedo. Tak lama kemudian sang kiper kembali melakukan penyelamatan bagus ketika Mertens yang berdiri bebas bisa melepaskan sepakan keras namun tepisan dari Penedo bisa mengubah arah bola.

BelPan5

Kepanikan juga sempat terjadi di pertahanan Panam ketika kapten Torres mendapatkan tekanan dari Hazard. Maksut hati memberikan backpass ke sang kiper, bola bisa direbut Hazard namun untungnya penyelesaian dari Hazard masih berakhir di jala samping gawang Penedo. Enam menit kemudian, situasi yang nyaris saja terjadi lagi namun sepakan keras Mertens kembali berakhir di jala samping gawang Panama.

Tekanan dari Belgia yang tiada hentinya membuat Panama sama sekali tidak bisa mengembangkan permainannya. De Bruyne dan Hazard sempat membuang peluang bagus bagi timnya dan memaksa Penedo melakukan beberapa penyelamatan penting lagi untuk mengamankan gawangnya. Sementara Panama pada akhirnya mulai bisa berbicara pada akhir babak pertama meski mereka tetap tidak bisa membuat Courtois repot.

BelPan3

Awal babak kedua menjadi titik dimana Belgia bisa lebih efektif dalam memanfaatkan peluang yang mereka dapatkan. Dua menit laga dimulai, Dries Mertens sukses membuka angka lewat tendangan volinya dan bola yang mengarah ke tiang jauh gagal dijangkau oleh Penedo dan memberikan keunggulan pada Belgia. Tak lama kemudian giliran De Bruyne yang nyaris mencetak gol namun arah sepakannya masih tidak tepat sasaran.

Panama sendiri bereaksi dan hampir saja menyamakan kedudukan di menit 54 ketika Murillo yang ikut maju membantu serangan mendapatkan kans bagus namun Courtois bisa menepis bola sepakannya. Setelahnya permainan kembali dikuasai Belgia dan di menit 61 giliran Lukaku yang gagal memanfaatkan peluang ketika peluang tersebut sudah terbuka cukup lebar baginya.

BelPan2

Namun, Romelu Lukaku akhirnya bisa ikut mencatatkan namanya di papan skor. Tepatnya di menit 69 melalui tandukan kepalanya ketika ia sukses menyambar umpan brilian dari De Bruyne. Tak mendapatkan kawalan berarti di depan gawang, mudah saja bagi striker sekelas Lukaku mengarahkan bola ke sudut gawang dan Penedo jelas tidak bisa berbuat banyak untuk bisa mengamankan gawangnya.

Tak lama berselang Romelu Lukaku sukses mencetak gol keduanya di pertandingan ini. Belgia melakukan serangan balik cepat ke pertahanan Panama dan Hazard yang menguasai bola memberikan umpan terobosan terukur pada Lukaku. Hanya berhadapan dengan Penedo, Lukaku dengan tenang mengangkat bola dan bisa menghasilkan gol ketiga sekaligus penutup bagi Belgia di pertandingan pertama mereka di Rusia kali ini.

BelPan1

Data Pertandingan:

Belgia 3-0 Panama (Mertens 47’, Lukaku 69’, 75’)

Belgia Panama
No. Starting Eleven YC
RC
No. Starting Eleven YC RC
1. Thibaut Courtois 1. Jaime Penedo
2. Toby Alderweireld 2. Michael Murillo 51′
20. Dedryck Boyata 5. Roman Torres
5. Jan Vertonghen 59′ 4. Fidel Escobar
15. Thomas Meunier 14′ 15. Eric Davis 18′
11. Yannick Carrasco (74′) 6. Gabriel Gomez
6. Axel Witsel (90′) 20. Anibal Godoy 57′
7. Kevin De Bruyne 88′ 8. Edgar Barcenas (63′) 45′
10. Eden Hazard 21. Jose Luis Rodriguez (63′)
14. Dries Mertens (83′) 11. Armando Cooper 49′
9. Romelu Lukaku 7. Blas Perez (73′)
Substitutes Substitutes
12. Simon Mignolet 12. Jose Calderon
13. Koen Casteels 22. Alex Rodriguez
8. Marouane Fellaini 3. Harold Cummings
16. Thorgan Hazard (83′) 9. Gabriel Torres (63′)
17. Youri Tielemans 10. Ismael Diaz (63′)
18. Adnan Januzaj 13. Adolfo Machado
19. Mousa Dembele (74′) 14. Valentin Pimentel
21. Michy Batshuayi 16. Abdiel Arroyo
22, Nacer Chadli (90′) 17. Luis Ovalle
23. Leander Dendoncker 18. Luis Tejada (73′)
19. Ricardo Avila
23. Felipe Baloy
Coach Coach
Roberto Martinez Hernan Dario Gomez
Referee Venue
Janny Sikazwe Fisht Stadium

Komentar Anda