Scroll to Top

Mau Sewa Kuil The Acropolis? Silakan Saja

By Ilham Choirul / Published on Friday, 20 Jan 2012

acropolis

Kalau negara sudah kehabisan akal mencari pendapatan untuk menutupi berbagai kebutuhan dalam negerinya, mungkin akan melakukan tindakan serupa yang dilakukan Pemerintah Yunani. Potensi wisata di sana ada yang dijadikan objek sewaan layaknya gedung pertemuan. Penyebabnya, masalah keuangan negara ini sampai sekarang belum juga stabil dari krisis moneter yang melanda sebagian Eropa.

Adalah The Acropolis. Situs sejarah ini per harinya bisa dimanfaatkan sepuasnya asal mampu membayar sewa 1.600 euro atau setara Rp 18,78 juta. Tarif ini untuk kru film, sewa museum, dan sewa situs arkeologi. Kalau buat fotografer profesional ada tarif khusus sebesar 300 euro atau setara Rp 3,5 juta.

Seperti dikutip National Geographic, Pemerintah Yunani memperbolehkan siapa pun untuk menyewa area situs. Bahkan, kalau mau melakukan aksi demonstrasi pun diperkenankan selama membayar.

Aksi dari penguasa Yunani ini pun mendapat tentangan keras dari para arkeolog. Mereka mengkhawatirkan keselamatan situs ini juga peruntukannya seperti itu. Ini sebuah bentuk penistaan tempat bersejarah, kata arkeolog.

Namun, Pemerintah Yunani yang diwakili Kementrian Kebudayaan dan Pariwisata tampaknya memilih menutup telinga terhadap kritik yang ada.  George Andreas Zannas, seorang penasihat di Kementrian, menyatakan keputusan tersebut tetap akan dijalankan demi memperoleh tambahan dana yang nantinya juga dipakai untuk pelestarian The Acropolis.

Hingga saat ini, ada kru film yang tertarik menggunakan The Acropolis sebagai settingnya. Pihak Kementrian pun berencana mempercepat izin bagi kru film tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda