Scroll to Top

Kontroversi Bowo Alpenliebe Jadi Penyebab Diblokirnya Tik Tok?

By Ditya / Published on Wednesday, 04 Jul 2018
Bowo Alpenliebe
Bowo Alpenliebe

Aplikasi berbagi video dan musik Tik Tok telah resmi diblokir Kominfo dan sukses membuat jagat maya tanah air geger. Pemblokiran aplikasi Tik Tok ini tak lama setelah munculnya artis Tik Tok kontroversial, yakni Bowo Alpenliebe. Sosok yang populer dari aplikasi Tik Tok ini memang sempat mengundang perhatian netizen tanah air karena video-nya di Tik Tok dan juga acara meet and greet yang digelarnya.

Lalu apakah kemunculan artis Tik Tok dengan meet and greet-nya yang kontroversial ini menjadi penyebab utama diblokirnya aplikasi Tik Tok? Tampaknya tidak sepenuhnya benar. Tik Tok diblokir karena adanya aduan konten negatif dari masyarakat.

Kominfo mengatakan bahwa pemblokiran aplikasi Tik Tok ini sudah sesuai dengan prosedur. Kominfo mengatakan telah menerima banyak aduan dari masyarakat mengenai aplikasi Tik Tok. Tak kurang dari 2800 aduan dari masyarakat terkait Tik Tok ini.

Ternyata tak hanya Kominfo saja yang menerima aduan dari masyarakat mengenai aplikasi Tik Tok, tetapi juga Komisi Perlindungan Anak (KPAI) dan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Anak (PPA). Kominfo akhirnya berkomunikasi dengan dua lembaga tersebut dan kemudian menghubungi tim pengelola Tik Tok untuk menangani konten negatif di platform-nya.

“Jumlah laporannya sampai ribuan. Masak, kita mau membiarkan, terutama anak-anak kita, terpapar kontennya? Tahu kan kontennya? Sebenarnya platform live streaming seperti Tik Tok bagus untuk mengekspresikan kreativitas, namun jangan disalahgunakan untuk hal yang negatif,” kata Menkominfo Rudiantara.

Lalu bagaimana nasib Bowo Alpenliebe setelah aplikasi Tik Tok ini diblokir? Bowo Alpenliebe diketahui telah mengunggah beberapa video di akun Instagram miliknya dan sukses meraih banyak viewer.

Komentar Anda