Scroll to Top

Hasil Piala Dunia Tadi Malam: Brazil vs Belgia 1-2, Selecao Pulang Kandang!

By Wan Faizal / Published on Saturday, 07 Jul 2018

BraBel5

Hasil Piala Dunia tadi malam yang mempertemukan Brazil vs Belgia di Kazan Arena berakhir dengan skor 1-2, Sabtu (7/7) dini hari WIB. Skor Brazil vs Belgia di babak perempat final ini memulangkan pasukan Tite lebih awal dari turnamen dan dengan hasil ini maka di laga semifinal nanti dipastikan hanya akan diisi oleh negara-negara Eropa saja.

Brazil sangat percaya diri bahwa mereka bisa melewati laga ini dengan baik. Setelah ada kans dari Silva di menit delapan yang masih membentur tiang gawang, berikutnya malah gawang mereka yang kebobolan. Berawal dari tendangan penjuru Chadli di menit 13, kesalahan antisipasi dilakukan Fernandinho dan membuat bola malah meluncur ke gawangnya sendiri dan membuat Alisson tak berkutik.

BraBel2

Situasi tersebut memaksa Brazil untuk langsung berusaha menyamakan kedudukan. Permainan positif sebenarnya bisa ditunjukkan oleh Neymar dkk yang terus menggempur pertahanan Belgia, namun rapatnya pertahanan lawan membuat segala usaha yang dilakukan oleh Brazil menjadi kandas. Gabriel yang berada di depan pun juga tak bisa berbuat banyak karena dikunci oleh Kompany yang tak lain adalah rekannya sendiri di level klub.

Keadaan menjadi semakin susah bagi Brazil karena lepas setengah jam laga berjalan, mereka tertinggal semakin jauh. Kegagalan membangun serangan membuat Belgia punya kesempatan untuk melakukan serangan balik cepat yang dipimpin oleh Lukaku. Sang striker lantas memberikan bola pada Kevin De Bruyne yang kemudian melepaskan tendangan keras dari luar kotak penalti dan bola pun melesat ke sudut gawang dan sulit dijangkau oleh Alisson.

BraBel1

Brazil jelas butuh perbaikan di babak kedua dan usaha pertama mereka adalah memainkan Firmino menggantikan Willian. Tapi, permainan Brazil baru bisa benar-benar berubah setelah Tite memasukkan seorang game changer dalam diri Costa yang mana aksi-aksinya sukses membuat pertahanan Belgia kelabakan. Di sisi lain, Belgia masih bisa mengancam lewat serangan balik seperti yang dilakukan De Bruyne dan Hazard di menit 62.

Determinasi serangan dari Brazil sendiri pantas diacungi jempol. Mereka sangat bersemangat dalam berusaha mencari gol dan ketika kehilangan bola, para pemain mereka bisa merebutnya dengan cepat. Sayangnya, beberapa kali percobaan tusukan dari Neymar, Coutinho, maupun Costa tetap saja menemui kegagalan. Usaha melakukan tendangan jarak jauh pun juga tidak efektif entah karena eksekusi yang buruk atau kecekatan dari Courtois dalam mengamankan gawangnya.

BraBel3

Keputusan memainkan Renato Augusto lantas bisa memberikan sedikit harapan bagi Brazil. Menerima umpan dari Coutinho, sang gelandang dengan jeli melepaskan tandukan yang tidak terlalu keras namun mengarah ke sudut gawang sehingga gagal dijangkau Courtois dan memberikan nafas baru bagi Brazil. Tak lama setelahnya, Augusto sempat membuang peluang emas untuk menyamakan skor ketika tembakannya dari depan gawang Belgia masih melebar.

Peluang berikutnya lahir dari serangan cepat yang dibangun Firmino dan Neymar namun sayangnya eksekusi akhir dari Coutinho tidak menemui sasaran. Sementara momen penentu lolosnya Belgia barangkali ada di menit 94 ketika Courtois dengan brilian bisa terbang menepis tendangan Neymar yang terlihat mengarah ke sudut gawang dan setelah peluang itu, Brazil kehabisan waktu dan pada akhirnya harus merelakan satu tiket ke semifinal untuk pasukan Roberto Martinez.

BraBel4

Data Pertandingan:

Brazil 1-2 Belgia (Augusto 76’ / Fernandinho 13’-og, De Bruyne 31’)

Brazil Belgia
No. Starting Eleven YC
RC
No. Starting Eleven YC RC
1. Alisson 1. Thibaut Courtois
22. Fagner 90′ 2. Toby Alderweireld 47′
2. Thiago Silva 4. Vincent Kompany
3. Miranda 5. Jan Vertonghen
12. Marcelo 15. Thomas Meunier 71′
17. Fernandinho 85′ 22. Nacer Chadli (83′)
15. Paulinho (73′) 6. Axel Witsel
11. Philippe Coutinho 8. Marouane Fellaini
19. Willian (46′) 7. Kevin De Bruyne
10. Neymar 10. Eden Hazard
9. Gabriel Jesus (58′) 9. Romelu Lukaku (87′)
Substitutes Substitutes
16. Cassio 12. Simon Mignolet
23. Ederson 13. Koen Casteels
4. Geromel 3. Thomas Vermaelen (83′)
6. Filipe Luis 11. Yannick Carrasco
7. Douglas Costa (58′) 14. Dries Mertens
8. Renato Augusto (73′) 16. Thorgan Hazard
13. Marquinhos 17. Youri Tielemans (87′)
17. Fred 18. Adnan Januzaj
20. Roberto Firmino (46′) 19. Mousa Dembele
21. Taison 20. Dedryck Boyata
21. Michy Batshuayi
23. Leander Dendoncker
Coach Coach
Tite Roberto Martinez
Referee Venue
Milorad Mazic Kazan Arena

Komentar Anda