Scroll to Top

Ini Bahaya Kebiasaan Sering Pakai Tusuk Gigi

By C Novita / Published on Sunday, 08 Jul 2018

tusuk gigi

Membersihkan sela-sela gigi dari sisa makanan memakai tusuk gigi memang tampaknya lebih mantap dan praktis. Apalagi usai mengonsumsi menu daging yang sering nyangkut dan bikin tak nyaman saat makan di restoran. Tusuk gigi selalu tersedia di meja.

Tetapi, dibalik kebiasaan yang sekilas tidak memberi pengaruh buruk itu, ada potensi bahaya yang bisa terjadi pada kesehatan Anda lho.

Diungkap oleh dokter gigi spesialis periodonsia, drg Dedy Y Rismanto, di masyarakat umum ada salah kaprah tentang cara penggunaan batang tusuk gigi. Sebenarnya tusuk gigi itu merupakan alat  membersihkan gigi namun dilakukan oleh tangan orang lain kepada kita.

Pada penjelasannya ke awak media di Jakarta, Kamis (28/6), jika digunakan sendiri maka batang yang ujungnya tajam itu mudah melukai gusi.

Saat luka itu terkena udara, maka jadi jalan masuk kuman yang bisa memicu penyakit. Dr Dedy sendiri lebih menyarankan untuk memakai benang gigi ketimbang tusuk gigi yang kurang higienis.

Benang gigi lebih aman dan risiko menimbulkan lukanya lebih kecil. Berbeda dengan tusuk gigi yang sangat sering membuat gusi berdarah, hingga memicu resiko munculnya infeksi pada gusi. Akibatnya gusi menjadi bengkak dan Anda sendiri yang rugi.

 

 

Komentar Anda