Scroll to Top

Hasil Piala Dunia 2018: Kroasia vs Inggris 2-1, Catat Sejarah ke Final!

By Wan Faizal / Published on Thursday, 12 Jul 2018

CroEng1

Hasil Piala Dunia 2018 babak semifinal antara Kroasia vs Inggris selesai dengan skor 2-1 dalam laga yang berlangsung di Luzhniki Stadium, Kamis (12/7) dini hari WIB. Skor Kroasia vs Inggris ini memastikan pasukan Zlatko Dalic yang bisa melangkah ke final guna menantang Prancis dan ini menjadi sejarah tersendiri karena untuk kali pertama Kroasia masuk ke Final Piala Dunia.

Sekali lagi, Kroasia harus tertinggal lebih dahulu saat melakoni babak knock-out ini. Menit empat, sebuah pelanggaran dilakukan oleh Modric pada Alli di depan kotak penalti dan memberikan hadiah tendangan bagi Inggris. Ada nama Kieran Trippier disana yang menjadi eksekutor andalan Inggris di masa kini dan ia sukses melepaskan tendangan melengkung ke tiang jauh yang gagal dibendung Subasic dan membawa Inggris memimpin dini.

CroEng4

Kroasia pun mencoba memberikan balasan atas gol tersebut dengan serangan-serangan yang mereka lancarkan. Menit 19 ada usaha dari Perisic namun tendangannya masih melebar dari gawang dan semenit kemudian giliran sepakan Rebic yang diblok oleh Stones. Tiga menit berselang Perisic kembali mengancam gawang Inggris namun sekali lagi sepakannya hanya melebar dan membuat Pickford tak perlu bekerja keras mengatasinya.

Kemudian, ada peluang bagi Inggris ketika Kane dari sudut sempit masih mendapati sepakannya dihalau Subasic dan bola rebound tak bisa dimanfaatkannya dengan baik pula. Tak lama kemudian Rebic balas mengancam namun penyelamatan dari Pickford memastikan semuanya baik-baik saja bagi Inggris. Berbagai tekanan yang dilakukan Kroasia tetap tak membuahkan hasil sampai paruh pertama usai dan membuat mereka punya tugas berat di 45 menit berikutnya.

CroEng3

Kerja keras pasukan Dalic pada akhirnya terbayar ketika pertandingan masuk menit 68. Berawal dari umpan silang Vrsaljko di sisi kanan, bola mengarah ke tiang jauh dan kaki Ivan Perisic dengan cepat mencocor bola mendahului kepala Walker dan membuat gawang Pickford bobol. Dua menit kemudian Perisic nyaris membalikkan skor andai tembakannya tak membentur tiang gawang dan bola rebound dari Rebic bisa ditahan pula oleh Pickford.

Tak adanya gol di sisa menit yang tersisa di waktu normal memaksa laga harus berlanjut ke perpanjangan waktu dan ini untuk kali ketiga Kroasia harus melakoninya. Di babak ini, kedua tim masih punya energi yang cukup untuk memberikan tekanan pada masing-masing lawan, terutama ada peluang bagus dari Inggris di menit 99 kala sundulan Stones yang mengarah ke tiang jauh dan sudah tak bisa digapai Subasic masih mampu dihalau oleh Vrsaljko yang berdiri disana.

CroEng5

Kemudian ada juga peluang balasan dari Kroasia ketika umpan dari Perisic mampu disambar oleh Mandzukic namun Pickford bisa menempatkan diri dengan sempurna untuk menepis bola dan mencegah Kroasia berbalik unggul. Menit 107, kelengahan di pertahanan Inggris nyaris saja dimanfaatkan oleh Brozovic namun untungnya sepakan keras sang gelandang masih melayang diatas gawang Inggris.

Momen tak mengenakkan itu akhirnya terjadi di menit 108 ketika tandukan simpel dari Perisic yang membelakangi gawang justru tidak direspons baik oleh pertahanan Inggris. Hanya Mario Mandzukic yang terlihat fokus, lantas mengejar bola, dan meneruskan bola dengan sepakan kaki kiri untuk menjebol gawang Pickford. Tak ada lagi yang bisa dilakukan Inggris setelahnya karena mereka seperti sudah tertimpa rasa frustrasi dalam usahanya mengejar skor.

CroEng2

 

Data Pertandingan:

Kroasia 2-1 Inggris (Perisic 68’, Mandzukic 109’ / Trippier 5’)

Kroasia Inggris
No. Starting Eleven YC
RC
No. Starting Eleven YC RC
23. Danijel Subasic 1. Jordan Pickford
2. Sime Vrsaljko 2. Kyle Walker (112′) 54′
6. Dejan Lovren 5. John Stones
21. Domagoj Vida 6. Harry Maguire
3. Ivan Strinic (95′) 12. Kieran Trippier
11. Marcelo Brozovic 18. Ashley Young (91′)
7. Ivan Rakitic 8. Jordan Henderson (97′)
10. Luka Modric (119′) 20. Dele Alli
4. Ivan Perisic 7. Jesse Lingard
18. Ante Rebic (101′) 96′ 10. Raheem Sterling (74′)
17. Mario Mandzukic (115′) 48′ 9. Harry Kane
Substitutes Substitutes
1. Dominik Livakovic 13. Jack Butland
12. Lovre Kalinic 23. Nick Pope
5. Vedran Corluka (115′) 3. Danny Rose (91′)
8. Mateo Kovacic 4. Eric Dier (97′)
9. Andrej Kramaric (101′) 11. Jamie Vardy (112′)
13. Tin Jedvaj 14. Danny Welbeck
14. Filip Bradaric 15. Gary Cahill
15. Duje Caleta-Car 16. Phil Jones
19. Milan Badelj (119′) 17. Fabian Delph
20. Marko Pjaca 19. Marcus Rashford (74′)
22. Josip Pivaric (95′) 21. Ruben Loftus-Cheek
22. Trent Alexander-Arnold
Coach Coach
Zlatko Dalic Gareth Southgate
Referee Venue
Cuneyt Cakir Luzhniki Stadium

Komentar Anda