Scroll to Top

Bila Kadar Testosteron Tinggi Ini Efek yang Akan Dialami Pria

By C Novita / Published on Friday, 13 Jul 2018

pria puber

Pada tubuh pria, hormon yang berperan penting adalah testosteron. Hormon tersebut berperan penting pada fungsi sistem reproduksi, juga menjaga otot dan tulang dalam tubuh mereka agar kuat.

Namun ada orang yang produksi hormon testosteron dalam tubuhnya tidak normal, misalnya berlebih atau bahkan juga kurang.

Tentu saja kondisi ini akan membuat beberapa fungsi dalam tubuh pria menjadi terganggu. Menurut dr Kartika Mayasari yang menjadi salah satu narasumber laman KlikDokter, jika pria kekurangan hormon testosteron maka dapat menghambat aktivitas hingga menurunkan kualitasnya sebagai pria.

“Kadar testosteron yang terlalu rendah dapat menurunkan fungsi seksual, menurunkan kepadatan tulang, berkurangnya massa otot, peningkatan jumlah lemak, penurunan kekuatan otot, penurunan daya ingat, perubahan mood dan depresi,” kata Kartika.

Sebaliknya, jika produksi hormon testosteron berlebih maka juga akan muncul masalah. Berikut ini dilansir jurnal Nature Communications, efek yang terjadi jika hormon pria berlebihan:

Boros

Sebuah studi yang digelar dengan melibatkan 3.200 orang partisipan pria, memperlihatkan bahwa mereka yang kadar hormon testosteronnya tinggi merupakan investor yang buruk. Mereka cenderung mengambil risiko lebih besar ketimbang pria dengan kadar hormon rendah.

Hormon itu juga mempengaruhi emosi, termasuk sikap ceroboh dan tak pikir panjang. Juga boros serta perilaku tidak etis dipengaruhi tingginya hormon ini.

Tak pikir panjang

Pengambilan keputusan oleh pria yang hormonnya tinggi, sering impulsif yang tidak selalu bermanfaat. Hal itu diungkap dalam studi Psychological Science yang mengatakan bahwa dosis testosteron memengaruhi cara pria menjawab soal dengan benar dalam tes kognitif. Pada hewan, jika hormon testosteron mereka berlebih saat sedang mencari pasangan maka keputusan yang diambil sering merugikan.

Narsis

Hormon testosteron berperan dalam memacu komponen narsisisme. Makin narsis seorang pria maka hormonnya sangat mungkin sedang tinggi. Apalagi jika ia memiliki kekuasaan. Mereka juga lebih mudah menyalahgunakan kekuasaan.

Untuk mengetahui berapa kadar testosteron Anda, bisa dilakukan dengan tes medis lho. Ingin coba?

 

 

Komentar Anda