Scroll to Top

Top Skorer Barcelona B Hengkang ke Klub Austria

By Fitra Firdaus / Published on Saturday, 21 Jan 2012

Jonathan Soriano, yang mengoleksi 59 gol hanya dalam 84 penampilan bersama Barcelona B, memutuskan untuk berganti klub. Red Bull Salzburg, klub Austria, menjadi pilihan pemain berusia 26 tahun tersebut.

Jonathan Soriano

Soriano memang bukan murni produk Akademi La Masia. Ia datang dari klub rival sesama daerah Catalan, Espanyol. Mentas dari pasukan junior tim Parkit, Soriano gagal mendapatkan tempat di tim utama. Alhasil, dalam 7 musim berseragam Espanyol senior, pemain kelahiran tahun 1985 hanya mampu tampil 43 kali dan mencetak 3 gol.

Soriano sempat menimba pengalaman di tiga klub dengan status pinjaman. Almeria, Poli Ejido, dan Albacete. Namun, penampilan bersama klub-klub ini kurang mengesankan petinggi Espanyol. Jadilah di pertengahan tahun 2009, ketika kontraknya habis, Soriano hijrah ke Barcelona B.

Di klub yang bertanding di Mini Estadi ini, Soriano berubah menjadi penyerang tangguh. Pada musim pertama saja, ia sukses membawa Barcelona B masuk ke Segunda Division. Soriano yang juga mantan anggota timnas Spanyol u-21, mencetak 22 gol di musim pertama.

Musim 2010/2011, tak perlu beradaptasi lagi, Soriano menjadi andalan lini depan Barcelona B. Ia membuat klubnya meraih peringkat tiga klasemen akhir Segunda Division. Hanya karena tim senior Barcelona berlaga di Primera Division saja, Barcelona B tidak berhasil promosi. Sepanjang musim tersebut, torehan gol Soriano melesat ke angka 32 dalam 37 pertandingan.

Ketajaman Soriano bukannya tidak dilirik Pep Guardiola. Sang pelatih jenius sempat memakai penyerang ini di tur pramusim Barcelona. Namun, cedera saat berlaga di Audi Cup membuat kesempatan Soriano bersaing dengan Lionel Messi, David Villa, atau Pedro Rodriguez sirna.

Pasca cedera beberapa bulan, Soriano seolah tak kehilangan insting gol. Sebelum ditransfer ke Salzburg, ia sudah mencetak 5 gol dari 10 pertandingan.

Salzburg sendiri sekarang tengah serius membidik posisi pertama di Bundesliga Austria. Mereka saat ini duduk di peringkat ketiga dengan 30 poin. Cuma selisih 2 angka dari sang pemuncak Rapid Wina.

Kedatangan Soriano yang begitu cemerlang di depan gawang lawang, bisa menjadikan klub ini sebagai klub terproduktif di Liga Austria. Sementara, bagi Soriano, inilah saatnya melepaskan bayang-bayang tak masuk tim inti Espanyol dan Barcelona.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda