Scroll to Top

Megaupload Resmi Ditutup Oleh FBI

By Moch Ridwan / Published on Saturday, 21 Jan 2012

Megaupload, situs paling populer di Amerika yang merupakan surga penikmat berbagai macam produk digital secara resmi hari ini dipaksa ditutup oleh FBI dan Departemen Kehakiman USA. Ditutupnya situs yang didirikan oleh Kim Dotcom dan Mathias Ortmann ini disebabkan isu bahwa konten yang ada didalamnya melanggar hak cipta.

Situs yang memiliki alamat http://www.megaupload.com/ ini sudah tidak bisa diakses kembali namun beberapa kelompok anonymous menyebutkan bahwa Megaupload bisa di akses melalui halaman http://109.236.83.66/. Dihalaman ini tertulis tulisan seperti berikut ini:

“WE DON’T HAVE ANY DOMAIN NAME FOR NOW. ONLY THIS IP ADDRESS (http://109.236.83.66) BEWARE TO THE PISHING SITES! This is the NEW MEGAUPLOAD SITE! we are working to be back full again Bookmark the site and share the new address in facebook and twitter!”

Megaupload didirikan tahun 2005 dan selama tiga bulan terakhir telah menjadi situs nomor 72 yang sering di kunjungi oleh penduduk dunia. Lebih lagi lonjakan pengunjungnya sangat tinggi berdasarkan hasil analisa dari Alexa.

Megaupload menawarkan layanan yang disebut sebagai ‘one-click hosting’ dimana pengguna bisa menyimpan file dari komputer mereka ke data base web ini. Megaupload kemudian memberikan sebuah link yang bisa dibagikan ke penguna lainnya. URL ini pun bisa dengan mudah dibagi ke situs jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter. Bahkan pengguna premium (berbayar) bisa mengupload dan mendownload file yang lebih besar.

Pemerintah Amerika menyatakan bahwa Megaupload merebut aset sekitar 50 juta dollar dan lebih dari 175 juta dollar jika diperhitungkan dari tahun pendiriannya dan hasil ini melanggar isu hak cipta. Dilaporkan kedua pendiri Megaupload sudah ditahan dan aset yang dimiliki keduanya seperti Mercedes-Benzes, Maserati, aRolls-Royce, Lamborghini dan sebuah rumah besar yang ada di Selandia Baru telah disita pemerintah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda