Scroll to Top

Kolang Kaling Terbukti Berikan Manfaat Bagi Metabolisme Tubuh

By C Novita / Published on Monday, 16 Jul 2018

kolang kaling

Buah kolang kaling umumnya diolah menjadi salah satu tambahan bahan kolak atau es buah yang bertekstur kenyal serta cita rasa tawar. Karena rasanya tawar, maka buah tersebut pas untuk dijadikan campuran makanan ringan khas bulan puasa tersebut.

Kolang kaling yang bernama ilmiah Arenga pinnata itu juga memiliki kandungan manfaat bagi kesehatan tubuh lho.

Berasal dari pohon aren, buahnya diolah dengan cara direbus dahulu setelah dikupas dari kulit tebalnya. Setelah empuk, kolang kaling lantas direndam dengan air sampai mengalami proses fermentasi.

Buah yang telah menjalani perendaman hingga empuk dan enak itulah yang dijual dan bisa dikonsumsi.

Berikut ini beberapa manfaat dari kolang kaling yang perlu Anda ketahui, seperti dilansir laman klikdokter.com:

Sehatkan sistem pencernaan

Serat yang tinggi dalam kolang kaling membuat buah ini mampu menyehatkan sistem pencernaan Anda. Artinya, Anda bisa terbebas dari masalah sembelit dan membantu pengeluaran racun dalam usus yang berasal dari sisa makanan.

Sehatkan metabolisme

Adanya nutrisi seperti mineral zat besi, zink, kalium, dan kalsium pada kolang kaling membantu menyehatkan sistem metabolisme sel sel dalam tubuh. Termasuk juga memberikan tambahan kalori untuk energi tubuh.

Tulang kuat

Kandungan kalsium dalam kolang kaling pun cukup tinggi, sehingga membantu menyehatkan tulang serta cegah osteoporosis.

Cegah dehidrasi

Dehidrasi atau kekurangan zat cair dalam tubuh bisa diatasi dengan konsumsi kolang kaling karena kandungan cairnya yang cukup baik.

Cegah anemia

Mineral berupa zat besi dalam kolang kaling membantu proses pembentukan sel darah merah (hemoglobin) sehingga tubuh tidak mengalami anemia atau kekurangan sel darah merah.

Menambah kebutuhan mineral

Tubuh mendapat tambahan vitamin dan mineral karena dalam kolang kaling ada vitamin A, vitamin B7 (biotin), asam folat, zat besi, kalium, zink, dan beberapa lainnya.

 

 

 

Komentar Anda