Scroll to Top

Ini Dampak Pada Tubuh Bila Minum Teh Berlebihan

By C Novita / Published on Saturday, 28 Jul 2018

Set of glass teapot and cup black tea

Minum teh sudah jadi tradisi di beberapa negara, termasuk Indonesia. Manfaat konsumsi minuman tersebut pun telah dibuktikan dalam beberapa penelitian, walau jika berlebihan sudah pasti akan ada dampak buruknya bagi kesehatan.

Mengapa demikian, karena dalam seduhan teh terdapat kandungan zat kafein, fluoride, dan flavonoid. Zat tersebut dalam jumlah sedikit bisa memberi manfaat yakni menurunkan risiko penyakit jantung sampai 11 persen.

Di sisi lain, jika berlebihan maka akan muncul bahaya bagi kesehatan tubuh Anda. Dilansir laman Times of India, Sabtu (28/7/2018), penelitian dari Brown University mengungkap sejumlah 40 miligram kafein per cangkir teh serta cokelat.

Zat tersebut dalam jumlah berlebih akan menimbulkan efek sulit konsentrasi, gelisah, gugup dan sulit tidur.

Senyawa lain adalah tanin, yang diketahui dapat mengganggu penyerapan zat besi dalam tubuh. Studi yang dilakukan Colorado State University itu juga mengungkap penurunan kemampuan menyerap zat besi itu sampai dengan 60 persen.

Hal itu tentu berbahaya bagi seseorang, karena zat besi dibutuhkan untuk pembentukan sel darah merah. Anda bisa mengalami anemia jika hal tersebut berlangsung terus menerus.

Tak hanya itu, beberapa jenis obat akan berkurang efektifitasnya jika Anda minum teh dalam jumlah banyak. Apabila Anda menderita penyakit tertentu, kondisi itu pasti tidak menguntungkan untuk kesembuhan.

Salah satu jenis obat yang akan berkurang khasiatnya adalah antibiotik, demikian menurut penelitian yang dilakukan di University of Maryland Medical Center.

Demikian juga obat MAOI, obat kemoterapi, kontrasepsi oral dan clozapine.

Konsumsi teh yang dianggap normal adalah 3 – 4 cangkir. Lebih dari itu tentu dapat memberi efek kurang baik.

 

Komentar Anda