Scroll to Top

Bahayanya Pakai Oli Mesin Oplosan Untuk Mobil Anda

By C Novita / Published on Monday, 30 Jul 2018

oli mobil

Oli mesin sangat berperan penting bagi kondisi kendaraan Anda, baik itu roda dua maupun roda empat. Karenanya, melakukan perawatan rutin dengan mengganti oli setiap bulan sangat dianjurkan demi kenyamanan dan keamanan berkendara.

Akan tetapi terkadang kendala biaya membuat orang memilih memakai oli mesin oplosan atau juga oli palsu untuk mobil dan motor. Padahal ini sangat beresiko bagi Anda sendiri.

Mesin kendaraan yang menggunakan oli mesin oplosan sangat mudah mengalami kerusakan. Anda tentu paham bahwa campuran atau oplosan itu mengandung bahan yang kurang baik bagi keawetan mesin mobil atau motor Anda bukan?

Akibatnya fungsi melumasi mesin yang diharapkan bisa berjalan dengan baik, tidak berlangsung maksimal. Mesin jadi mudah aus, sehingga masa pakainya jadi lebih singkat. Dengan kata lain mesin kendaraan akan mudah rusak.

Yang lebih beresiko lagi apabila mesin mobil mengalami overheat dan jebol. Ini dapat memicu kecelakaan.

Peran oli mesin adalah menjadi pelumas agar gesekan antar komponen tidak berlangsung berlebihan. Jika berlebihan maka antar komponen akan menjadi aus.

Zat yang kurang baik pun bisa menyebabkan mudahnya terjadi korosi (karat) pada mesin mobil atau motor Anda. Ini banyak terdapat pada oli oplosan atau oli palsu.

Jadi hindari memakai oli oplosan, atau oli palsu. Ini bisa dihindari dengan cara selalu melakukan perawatan rutin di bengkel terpercaya, bukan di bengkel abal-abal.

 

 

Komentar Anda