Scroll to Top

Ditemukan! Popcorn Tertua di Dunia

By C Novita / Published on Saturday, 21 Jan 2012

Peneliti baru-baru ini menemukan bukti bahwa masyarakat yang mendiami daerah sepanjang pantai Peru ternyata sudah mengkonsumsi popcorn, atau jagung tembak, sejak jaman purba.

Bukti-bukti tersebut berupa bonggol jagung, batang, bunga dan beberapa bagian dari tanaman jagung yang diperkirakan usianya 6700 sampai 3000 tahun yang lalu.

Daerah penelitian tempat ditemukan fosil tersebut adalah di sekitar Paredones dan Huaca Prieta.

Dari karakteristik fosil tongkol jagung yang ditemukan, diketahui cara masyarakat purba itu mengolah jagung yang mereka konsumsi. Diantaranya adalah dibuat menjadi tepung jagung atau maizena, bahkan juga popcorn atau jagung tembak.

Walaupun saat itu tentu saja belum ada bioskop untuk menikmati popcorn mereka, namun budaya mengkonsumsi popcorn itu ternyata cukup awet untuk diwariskan kepada masyarakat modern saat ini.

Livescience merilis, bahwa keberadaan tanaman jagung di daerah Peru atau Amerika Selatan asalnya dibawa dari daerah Meksiko.

Dan faktanya, Meksiko merupakan daerah awal tanaman jagung dibudidayakan untuk dikonsumsi. Ribuan tahun sebelum jagung disebarkan ke Peru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda