Scroll to Top

Gol Off Side Menangkan Persiba Balikpapan dalam Derby Kaltim

By Fitra Firdaus / Published on Saturday, 21 Jan 2012

17 Desember 2011. Tanggal itu mungkin tak akan dilupakan Gaston Castano dkk. Ya, itulah terakhir kalinya Persegres atau Gresik United meraih kemenangan di ISL. Sebulan berlalu, satu kali seri dan tiga kekalahan diderita tim promosi ala Kongres Bali ini.
Termasuk, kekalahan melawan Mitra Kukar sore tadi.

ISL

Jangan lupakan, ini adalah ISL. Klub tuan rumah selalu memiliki superioritas tersendiri jika menggelar laga kandang. Entah karena mental buruk pemain di liga Indonesia atau karena faktor X, laga kandang biasanya menjadi (satu-satunya) harapan untuk menaikkan peringkat di Indonesia Super League. Persegres sendiri, tercatat 2 kali menang di kandang sendiri dan cuma meraih satu poin dalam 5 partai tandang.

Rekor 100% di kandang seolah akan digenggam ketika Marwan Sayedeh menaklukkan Joice Sorongan, kiper Mitra Kukar, di menit 2.
Skor sempat bertahan hingga menit 69. Namun, Mitra Kukar yang dilatih Simon Mc Menemy, tidak mau kalah untuk terus menyodok posisi teratas klasemen.

Hasilnya, di menit 70, Anindito menyamakan kedudukan. Seolah masih terlena dengan gol tadi, gawang Gresik United kembali dibobol. Kali ini pelakunya adalah Hamka Hamzah dengan headingnya di menit 75.

Bukan sekali ini Hamka menjadi penyelamat timnya. Dalam laga kandang melawan Pelita empat hari lalu, bek yang pernah memperkuat PSM Makassar, juga mencetak gol kemenangan Naga Mekes.

Skor 1-2 bertahan hingga akhir laga. Dengan hasil ini, Mitra Kukar sukses menyerobot posisi ketiga klasemen dari tangan Persiwa Wamena. Sementara, kekalahan pertama di kandang membuat Gresik United semakin dalam berkubang di papan bawah klasemen.

Sementara itu, dalam Derby Kalimantan Timur, Persiba Balikpapan membutuhkan keberuntungan ala tuan rumah ISL dan menit-menit akhir untuk meraih tiga angka.

Babak pertama, Persiba sempat unggul 2-0. Umpan datar Kenji Adachihara justru dibelokkan ke gawang sendiri oleh Muhammad Roby di menit 14. Beruang Madu seolah akan melenggang mulus ketika penyerang andalan, Aldo Baretto, mencetak gol pengganda keunggulan di menit 37.

Namun, Persisam yang bermaterikan pemain-pemain bintang, menunjukkan panasnya derby Kaltim kali ini. Jerry Karpeh memperkecil kedudukan di menit 39 berkat umpan  Christian Gonzales. Karpeh kembali menjadi momok bagi I Made Wirawan, kiper Persiba, melalui gol di menit 42.

Gol penentu kemenangan akhirnya lahir di menit 83. Shohei Matsunaga yang berdiri dalam posisi off side sukses menaklukkan Usman Pribadi. Dengan kemenangan ini, Persiba Balikpapan beranjak ke papan tengah klasemen. Sementara, Persisam tertahan di peringkat enam.

Gol off side (http://lockerz.com/s/176429532)

Laga ini, lagi-lagi diwarnai insiden pelemparan kepada pemain tim tamu oleh suporter tuan rumah. Sebelumnya, di laga Persisam vs Pelita Jaya, kejadian serupa juga berlangsung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda