Scroll to Top

Saat Gempa Bumi Terjadi Ini yang Harus Dilakukan Pengendara

By C Novita / Published on Tuesday, 07 Aug 2018

menyetir di malam hari

Bencana alam berupa gempa bumi dapat terjadi kapan saja di Indonesia, tanpa bisa diprediksi waktunya. Sebagai negara rawan bencana, masyarakat sebaiknya mempersiapkan diri untuk berbagai kondisi yang mungkin dihadapi. Termasuk bila Anda sedang berkendara dan gempa tiba-tiba terjadi.

Seperti peristiwa yang baru-baru ini terjadi, gempa bumi dengan skala 7.0 SR melanda wilayah Lombok, NTB. Jika Anda sedang mengendarai mobil atau sepeda motor dan terjadi gempa, apa yang sebaiknya dilakukan agar tidak jatuh korban?

Pertama yang harus diperhatikan adalah tetaplah tenang dalam berbagai situasi. Walau sudah pasti akan timbul kepanikan di sekitar Anda, namun Anda harus tetap tenang agar dapat berfikir jernih. Dengan begitu kendaraan dapat tetap dalam terkontrol.

Menepi, kurangi kecepatan laju kendaraan Anda dan cari lokasi aman di jalan tersebut, yang jauh dari gedung tinggi dan lintasan kendaraan lainnya. Hindari bawah pohon besar, tiang listrik, gunung berbatu dan lokasi yang rawan runtuh lainnya.

Jika sedang berada di bawah jembatan, segera menjauh dari jembatan tersebut. Guncangan gempa bumi sangat mungkin membuat bangunan tersebut runtuh.

Setelah dapat tempat berhenti yang aman, tarik rem tangan. Cari informasi yang akurat pada radio, televisi atau internet terkait kejadian bencana tersebut. Jika dekat laut, cari informasi apakah ada potensi tsunami yang bisa terjadi atau tidak.

Setelah itu keluar dari kendaraan dan menunggu keadaan kembali aman.

Semoga bermanfaat.

 

 

Komentar Anda