Scroll to Top

Essam El Hadary, Kiper Tertua Piala Dunia Pensiun Dari Timnas Mesir

By vratislav / Published on Tuesday, 07 Aug 2018

Essam El Hadary, Kiper Tertua Piala Dunia Pensiun Dari Timnas Mesir 2

Essam El Hadary, kiper timnas Mesir yang mencatatkan diri sebagai pemain tertua di Piala Dunia sepanjang sejarah, menyatakan pensiun dari dunia internasional pada hari ini Selasa, 7 Agustus 2018. El Hadary gantung sepatu dari The Pharaohs pada usia yang sudah sangat sepuh, 45 tahun.

Essam El Hadary bukanlah kiper utama Mesir di Piala Dunia 2018. Tetapi setelah timnya resmi tersingkir dan tidak bisa bersaing dengan dua tim terbaik di Grup A, yaitu Uruguay dan Rusia, El Hadary diberi kesempatan oleh pelatih saat itu, Hector Cuper untuk unjuk gigi.

Sang kiper tampil dalam laga terakhir Mesir di Piala Dunia musim panas ini, saat Mesir menghadapi Arab Saudi. Dengan langkah ini, El Hadary memecahkan rekor pemain tertua di Piala Dunia. Usianya saat itu adalah 45 tahun dan 161 hari.

Rekor sebelumnya dipegang oleh kiper Kolombia, bernama Faryd Mondragon yang pada Piala Dunia 2014 turun dalam usia 43 tahun dan tiga hari.

Dalam pertandingan istimewa itu, Essam El Hadary tampil bagus meski timnya kalah 1-2. Pasalnya dia menghalau penalti Fahad Al-Muwallad, bintang terbaik Arab Saudi.

Namun sekarang tidak ada lagi Essam El Hadary yang menjaga gawang Mesir. Dia resmi pensiun dari dunia internasional, dan akan fokus sepenuhnya ke klub barunya, Ismaily yang baru mengontraknya pada 2 Juli 2018 lalu. El Hadary sudah dua kali bermain di Ismaily sebelumnya.

“Saya sangat bangga telah bermain dengan tim nasional (Mesir) dalam 159 pertandingan internasional, berpartisipasi dalam pencapaian yang belum pernah terjadi sebelumnya,” tulis El Hadary di Facebook.

“Saya berharap telah berhasil dalam misi selama beberapa tahun terakhir. Saya menyampaikan terima kasihh kepada keluarga, yang telah menanggung kesulitan dalam hidup; dan mendukung saya dalam setiap langkah.”

Komentar Anda