Scroll to Top

Resep Lupis Ketan Empuk, Makanan Tradisional yang Manis Legit

By C Novita / Published on Thursday, 09 Aug 2018

lupis ketan

Lupis dengan tekstur empuk dan kenyal dapat dijumpai di pasar tradisonal tanah air. Penganan tradisional Jawa yang umumnya dikonsumsi bersama parutan kelapa dan siraman saus gula merah kental itu sangat lezat dan menggugah selera.

Jika Anda penasaran ingin membuat sendiri makanan enak ini, jangan khawatir, caranya juga mudah lho. Berikut ini resep membuat lupis yang empuk dan menggugah selera.

Bahan:

¼ kg beras ketan putih, cuci dan rendam 2 jam

Daun pisang untuk pembungkus

Kelapa setengah tua, diparut lalu dikukus

Garam secukupnya

Bahan saus gula merah kental:

2 buah gula merah ukuran sedang

Air ½ gelas atau ditambahi sedikit

Garam secukupnya.

Cara membuat:

Ketan yang sudah direndam, ditiriskan

Ambil daun pisang, potong dan buat seperti contong kecil. Masukkan beras ketan 1 sendok, lalu rapikan daun pisang bentuk segitiga dan ikat dengan tali rafia. Usahakan tidak terlalu penuh agar lupis empuk namun tidak tumpah. Lakukan untuk semua beras ketan.

Siapkan panci, beri air, masukkan ketan yang sudah dibungkus daun pisang, rebus hingga 1.5 jam atau 2 jam hingga ketan matang. Angkat dan tiriskan.

Cara membuat saus gula merah:

Potong kecil gula merah, campur semua bahan, rebus hingga mendidih dan air menyusut hingga larutan kental. Matikan api. Biarkan dingin.

Cara menghidangkan:

Buka lupis dari bungkusnya, beri parutan kelapa, beri siraman saus gula merah. Lupis empuk siap dikonsumsi. Selamat mencoba.

 

 

Komentar Anda