Scroll to Top

Saat Tubuh Kebanyakan Zat Garam Ini Tanda yang Akan Terasa

By C Novita / Published on Thursday, 09 Aug 2018

makan

Kadang tak sadar kita mengonsumsi makanan yang tinggi kandungan garamnya. Hal ini bisa terjadi karena hampir semua makanan instan mengandung garam, termasuk berbagai camilan yang dikonsumsi setiap hari. Tentu saja akan berbahaya bagi kesehatan jika kadar garam dalam tubuh Anda tinggi.

Beberapa penyakit kronis dimulai dari tingginya kadar garam dalam tubuh, misalnya saja hipertensi atau tekanan darah tinggi.

Lalu bagaimana cara mengetahui bahwa kadar garam dalam tubuh sudah melebihi batas normal atau terlalu tinggi? Tubuh secara alami akan menunjukkan tanda-tanda tertentu lho. Anda harus peka dengan tanda yang ditunjukkan oleh tubuh, sehingga dapat mengurangi asupan garam.

Dilansir laman Medical News Today, berikut ini beberapa tanda yang akan terasa pada tubuh yang terlalu banyak makan makanan yang kandungan garamnya tinggi:

Lidah terasa hambar

Apabila lidah sudah terasa hambar saat mengonsumsi makanan, maka bisa jadi lidah Anda sebenarnya sudah terlalu lama terbiasa makan makanan asin. Bila kadar garam dalam makanan rendah, maka lidah kehilangan sensasi rasa yang normal. Ini bisa jadi indikator bahwa Anda harus mulai mengurangi konsumsi makanan berkadar garam tinggi.

Perut terasa kembung

Kadar garam tinggi dalam tubuh membuatnya menarik lebih banyak cairan. Alhasil perut akan terasa penuh atau kembung, juga jari tangan dan mata terlihat seperti bengkak. Hal ini akan terlihat lebih jelas pada orang dengan usia lanjut.

Sakit kepala tiba tiba

Makan makanan dengan kandungan garam tinggi akan membuat pembuluh darah di kepala membesar secara cepat. Akibatnya Anda akan merasa sakit kepala tiba-tiba. Hal ini bisa Anda perhatikan jika usai makan hidangan tertentu kepala terasa pusing.

 Sering kencing

Buang air kecil adalah salah satu cara tubuh membuang racun dan zat tak bermanfaat darri dalam tubuh. Jika frekwensi kencing Anda meningkat terutama di malam hari, mulailah untuk mengurangi makanan asin.

 

 

 

 

Komentar Anda