Scroll to Top

Ini Lengkapnya Nutrisi yang Ada Pada Daun Singkong

By C Novita / Published on Friday, 10 Aug 2018

Daun-Singkong

Anda penyuka hidangan yang berbahan daun singkong? Penganan ini memang lezat dalam berbagai olahan resep. Bahkan hanya direbus dan dikonsumsi dengan sambal pun akan terasa nikmat. Tak hanya itu, daun singkong juga kaya nutrisi lho.

Akan tetapi belakangan banyak isu yang menyebut bahwa daun singkong bisa memicu hipertensi atau darah tinggi. Benarkah demikian?

Terkait kepercayaan bahwa makan daun singkon dapat menimbulkan hipertensi, dr. Ida Gunawan,M.S, Sp.GK(K) membantah hal tersebut.

“Daun singkong menyebabkan hipertensi itu mitos,” jelas dr Ida pada acara Ayo Hidup Sehat di tvOne, Kamis 9 Agustus 2018.

Hipertensi dipicu oleh banyaknya konsumsi natrium atau garam pada makanan sehari-hari. Daun singkong sendiri tidak memiliki kandungan natrium dalam jumlah tinggi. Akan tetapi jika Anda membubuhkan garam dalam jumlah banyak pada masakan daun singkong di rumah, itu tentu lain cerita.

Kandungan nutrisi daun singkong pada dasarnya sangat bermanfaat dan lengkap. Terdapat serat yang baik sekali untuk tubuh kita, juga nutrisi seperti vitamin A, C, dan B12.

Ada juga sejumlah mineral seperti kalsium, fosfor, dan zat besi di dalamnya.

“Daun singkong bisa meremajakan sel tubuh, kaya akan vitamin A dan C. Dua vitamin ini memiliki efek antioksidan. Fungsi antioksidan ini adalah untuk meremajakan sel-sel kulit,” tandas dr. Ida.

Kandungan kalsiumnya baik bagi tulang, makin hijau warna daun maka kandungan kalsiumnya makin tinggi. Kalsium diketahui mencegah penyakit osteoporosis.

Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari berbagai vitamin dan nutrisi daun singkong, maka Anda sebaiknya tidak merebus atau memasaknya terlalu lama karena vitamin tersebut mudah larut.

 

 

 

Komentar Anda