Scroll to Top

Pilpres 2019: Jokowi-Ma’ruf Amin & Prabowo-Sandi Maju Jadi Capres-Cawapres

By vratislav / Published on Friday, 10 Aug 2018

Berita Politik Hari Ini Terkait Sengketa Pilpres 2014, KPU Kirim 21 Truk Bukti ke MK

Pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno maju menjadi calon presiden (capres) dan cawapres (calon wakil presiden) di Pilpres 2019. Hal ini dipastikan setelah kedua pasangan itu mendaftar ke KPU pada hari ini Jumat, 10 Agustus 2018.

Pada hari terakhir pendaftaran capres-cawapres di KPU, dipastikan ada dua pasangan yang akan bertanding di pemilu tahun depan. Dari kubu petahana, Joko Widodo menggandeng ketua MUI sekaligus Rais Aam PBNU, Ma’ruf Amin.

Pemilihan Ma’ruf Amin cukup mengejutkan karena hingga Kamis, 9 Agustus 2018 pagi hari, nama yang paling kuat untuk mendampingi Jokowi adalah Mahfud MD, mantan ketua MK. Namun, Ma’ruf Amin akhirnya dipilih dan disetujui oleh sembilan partai pengusung Jokowi.

Joko Widodo sendiri tidak hanya didukung oleh PDI Perjuangan, partai tempat ia menjadi kader. Tetapi juga Partai Nasdem, PKB, PPP, Partai Golkar, PKPI, dan dua partai baru, PSI serta Partai Perindo.

Namun, secara teknis, hanya ada tujuh partai yang akan mengusung Jokowi-Ma’ruf Amin di Pilpres 2019, karena yang dihitung adalah suara dari Pemilu 2014.

“Ketentuan partai pengusung adalah peserta pemilu terakhir, kami coret dua parpol yang belum ikut pemilu 2014 yaitu PSI dan Perindo,” kata Kepala Biro Teknis dan Hukum KPU, Nur Syarifah dikutip CNN Indonesia.

Sementara itu, dari kubu Prabowo, pembicaraan terkait cawapres sempat sangat alot. Terjadi sedikit bumbu ketika pada Rabu, 8 Agustus 2018, Prabowo tampak bakal menolak Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) yang ditawarkan oleh Partai Demokrat.

Prabowo akhirnya memilih Sandiaga Uno, kader Gerindra yang saat itu berposisi sebagai wakil gubernur DKI Jakarta. Sandiaga kemudian mengundurkan diri dari dua posisi, yaitu dari posisi kedua di Jakarta, dan dari statusnya sebagai kader Gerindra.

Dengan demikian, Prabowo dan Sandiaga Uno berhasil menggaet dukungan dari empat partai. Selain Gerindra, ada PKS, PAN, dan yang terakhir Partai Demokrat.

Komentar Anda