Scroll to Top

Anak Main Kotor Jangan Selalu Dilarang, Ada Manfaatnya Lho

By C Novita / Published on Friday, 10 Aug 2018

main kotor

Apakah Anda selalu melarang anak-anak saat hendak bermain di tanah dengan alasan kotor? Tahukah Anda, main di tempat yang terlihat kurang bersih sebenarnya ada manfaatnya bagi tubuh buah hati lho.

Dilansir laman Babyologist, anak yang bermain di tanah atau tempat kotor lain justru baik bagi daya tahan tubuhnya. Tempat kotor memang mengandung bakteri, kuman atau bahkan virus. Jika Anda takut anak sakit karena berbagai mikroba tersebut, tentu wajar. Namun simak dulu yuk penjelasan berikut ini:

Kotoran dan daya tahan tubuh anak

Apakah kotoran dan kuman, bakteri atau virus di tanah bisa bermanfaat bagi tubuh anak? Pakar immunologist dari Amerika Serikat mengatakan bahwa alam justru membentuk tubuh anak untuk menghadapi kondisi tersebut.

Kuman atau bakteri yang masuk dalam tubuh akan membuat tubuh anak bereaksi membentuk sistem imun yang lebih kuat. Kuman itu akan menjadi stimulan yang merangsang tubuh anak untuk membentuk kekebalan tersendiri.

Dalam penelitian terbaru malah disebut bahwa jika anak hidup dalam tempat yang terlalu higienis, mereka lebih rentan terserang penyakit dan alergi. Sistem kekebalan tubuhnya tidak meengenali kuman, bakteri dan virus yang umum ada di alam. Akibatnya sisteem kekebalan tubuh akan lemah.

Tetap diawasi

Namun tentu tidak semua tempat kotor baik untuk arena bermain anak. Anda harus tetap memperhatikan dan mengawasi tempat bermain mereka. Pastikan lokasi dimana anak bermain tidak terdapat bahan atau limbah kimia berbahaya.

Membiarkan anak berjalan tanpa alas kaki juga perlu, saat mereka bermain di tanah. Akan tetapi, jangan lupa untuk kembali membersihkan kaki dan tangan anak saat mereka usai bermain kotor.

Untuk mengimbangi dan membuat sistem kekebalan tubuh anak tubuh jadi kuat, beri anak makanan bernutrisi tinggi. Dengan begitu kesehatannya juga akan terjaga.

 

 

Komentar Anda