Scroll to Top

Penjelasan Ilmiah Mengapa Kita Sulit Mengingat Nama Orang

By C Novita / Published on Saturday, 11 Aug 2018

lupa nama

Mungkin Anda termasuk orang yang mengalami kesulitan mengingat nama kenalan baru, atau teman lama yang tidak pernah berjumpa. Hal ini bisa jadi memalukan terutama saat berjumpa dengan mereka dalam suatu acara resmi, sebab Anda bisa dianggap meremehkan mereka.

Namun ada penjelasan ilmiah yang bisa mengungkap bagaimana kondisi tersebut terjadi kok. Bukan salah Anda sepenuhnya jika tak mudah hapal dengan nama rekan atau kenalan baru. Berikut ini alasannya seperti dilansir laman Time.com:

Orang itu tidak menarik perhatian Anda

Menurut Charan Ranganath, direktur Memory and Plasticity Program di University of California, ketertarikan akan membuat seseorang termotivasi untuk mengingat.

“Biasanya menusia mengingat sesuatu yang disukai atau memotivasi mereka untuk belajar,” kata Charan.

Anda suka mengabaikan hal kecil

Kebiasaan mengabaikan hal yang dianggap sepele atau kecil di kehidupan sehari-hari, juga mempengaruhi daya ingat. Anda mudah lupa sebab instruksi kecil juga sering Anda abaikan. Akibatnya otak akan terbiasa mengabaikan hal yang dianggap remeh.

Namanya terlalu umum

Nama yang biasa, umum dan tidak unik memang membuat orang mudah lupa. Berbeda jika nama orang itu tak pernah Anda dengar atau unik, maka otak mudah merekam sebab Anda juga tertarik untuk mengulangi nama tersebut dengan lafal.

Mementingkan imej

Jika kenalan baru itu sangat mementingkan impresi baik (good impression) di depan orang, maka Anda cenderung memperhatikan penampilan dan impresi fisiknya, ketimbang namanya. Tak heran Anda lebih mudah mengingat wajah atau penampilan orang dari pada namanya.

 

 

 

Komentar Anda