Scroll to Top

Hasil Final Piala AFF U16 2018: Timnas Indonesia vs Thailand 5-4, Juara

By vratislav / Published on Sunday, 12 Aug 2018

Hasil Final Piala AFF U16 2018 Timnas Indonesia vs Thailand 5-4, Juara

Hasil final Piala AFF U16 2018 antara Timnas Indonesia vs Thailand berakhir dengan skor 5-4 melalui drama adu penalti. Kiper Ernado Ari menjadi pahlawan kemenangan Timnas U16 berkat dua penyelamatannya menghalau eksekusi pemain Thailand dalam laga di Gelora Delta Sidoarjo pada Minggu, 12 Agustus 2018.

Lima tahun setelah kemenangan Timnas Indonesia U19 di AFF Youth Championship, Timnas U16 kembali mencatatkan prestasi serupa di level umur mereka. Saat berjumpa Thailand di partai puncak, pelatih Fakhri Husaini menurunkan si kembar Bagus Kahfi dan Bagas Kaffa dalam line-up.

Namun, ketajaman Bagus Kahfi yang mencetak 12 gol dalam enam laga sebelumnya bisa dinetralisasi oleh pertahanan Thailand. Menit ke-14 tembakan Bagus hanya mengenai tiang gawang Thailand. Pencetak gol Indonesia justru sosok lain.

Menit 33, umpan Andre Oktaviansyah diselesaikan oleh Fajar Fathur Rachman, yang masuk sejak menit ke-17. Upaya kiper Thailand, Anuchid Tawesri menutup ruang gerak Fajar sia-sia, bola masuk, Indonesia memimpin 1-0 sampai jeda pertandingan.

Pada babak kedua, Thailand lebih banyak menguasai bola. Ini konsekuensi keadaan mereka yang tertinggal. Menit 64 Bagus Kahfi berpeluang menerbangkan Garuda Muda, tetapi tembakannya masih melenceng. Kesempatan lain didapatkan Muhamad Supriyadi tetapi aksinya diamankan Anuchid.

Kegagalan Indonesia mencetak gol nyaris dihukum Thailand. Sembilan menit jelang bubaran, ada gol Appidet Jangnam yang menyamakan kedudukan. Ia tidak terkawal siapapun di depan gawang Indonesia.

Dengan skor 1-1 sampai 80 menit, maka penentuan pemenang dilakukan melalui adu penalti. Di sinila peran Ernado Ari jadi sangat vital. Dia menghalau tendangan penalti kedua Thailand, Apidet Jangnam. Sebaliknya, empat eksekutor Indonesia seluruhnya berhasil mencetak gol.

Berikutnya dalam kedudukan 4-3 untuk Indonesia, Ernado menghalau tendangan kelima Thailand, Pongsakorn Innet. Skor akhir tidak berubah 4-3 untuk Garuda Muda yang merasakan gelar juara.

Gol: Fajar Fathur Rohman 33/ Appidet Jangnam 71

Adu Penalti

Indonesia: Sutan Diego Zico, Amiruddin Bagus Kahfi, Rendy Juliansyah, David Maulana (semuanya masuk)

Thailand: Thanarin Thumsen (masuk), Apidet Jangnam (gagal), Anucha Sodsri (masuk), Kittipong Khetpara (masuk), Pongsakorn Innet (gagal)

Komentar Anda