Scroll to Top

Awas, Roda Mobil Butuh Spooring Jika Sudah Tampak Hal Ini

By C Novita / Published on Monday, 13 Aug 2018

spooring

Kondisi roda mobil dan kendaraan lainnya sangat penting untuk diperhatikan demi keselamatan saat berkendara. Kaki-kaki kendaraan tersebut perlu dilakukan spooring secara teratur sehingga mampu menempuh perjalanan dengan nyaman dan aman.

Spooring adalah proses pelurusan empat roda mobil, agar posisinya tidak melenceng. Umumnya, jika kondisi roda perlu diluruskan maka tanda yang tampak pertama kali adalah setir tidak nyaman digunakan, dan kerap melenceng.

“Pertama dan yang paling sederhana adalah saat setir sudah mulai melenceng. Misalnya, setir mau ke kiri atau kanan terus, itu yang paling umum,” jelas Manajer Marketing PT Himawan Putra, pemasok produk spooring Quick Check Hunter di ajang GIIAS 2018.

Selain setir yang tidak nyaman, hal kedua adalah lingkar kemudi terasa bergetar bila dipakai dalam kecepatan tertentu. Suara gemuruh dari arah roda pun terdengar jika kondisinya sudah parah, ditambah setir yang menjadi berat.

Anda bisa perhatikan permukaan ban yang mudah aus pada satu sisi karena kemiringan posisi roda. “Ban cepat habis walaupun kadang-kadang tetap terasa nyaman,” tambah dia.

Saat mobil melaju dengan kecepatan rendah, Anda akan merasa roda seperti kempes, sehingga lajunya miring. Saat tanda-tanda di atas sudah terasa, maka lakukan spooring and balancing di bengkel resmi dan terpercaya.

 

 

Komentar Anda