Scroll to Top

Tips Lindungi Mata dari Cahaya Biru Ponsel yang Merusak

By C Novita / Published on Wednesday, 15 Aug 2018

ponsel

Era ponsel pintar membuat manusia makin sulit dipisahkan dari alat komunikasi tersebut. Hampir tak bisa satu jam pun orang jauh dari smart phone miliknya. Bahkan tidur sembari menggenggam ponsel pasti juga sering Anda lakukan.

Hal itu menurut studi dari University of Toledo, membuat cahaya biru ponsel jadi berbahaya untuk mata dan bisa memicu kebutaan. Penyebabnya karena cahaya tersebut membuat molekul retina bereaksi negatif, dan mengganggu sinyalnya ke otak. Fotoreseptor mata pada akhirnya juga bisa rusak.

Untuk mencegah hal tersebut, berikut tips melindungi mata dari cahaya biru ponsel seperti dilansir laman Boldsky.

20 menit istirahat

Per 20 menit istirahatkan mata Anda selama 20 detik dari memandang ponsel. Alihkan mata ke benda yang berada di jarak 20 kaki. Mata dapat beristirahat dari sinar biru ponsel dan mengendurkan otot ototnya kembali.

Sering berkedip

Seringlah berkedip untuk mencegah mata menjadi kering. Saat sedang memandang ponsel umumnya orang akan lupa berkedip sehingga mata jadi perih, iritasi dan merah.

Turunkan kecerahan

Turunkan kecerahan ponsel agar mata tidak terlalu silau. Bisa juga gunakan kaca anti-glare untuk smart phone.

Jarak aman

Jarak aman ponsel ke mata adalah kurang lebih 16-18 inci (40 sentimeter).

Matikan saat tidur

Jangan biarkan ponsel menyala saat Anda tidur karena bisa membuat Anda tak bisa melepaskannya. Cahaya biru juga akan memengaruhi tidur sebab menekan produksi hormon melatonin. Hormon itu membantu Anda untuk tidur nyenyak.

Cuci muka

Mencuci muka berarti membuat mata basah. Ini dapat membantu menangkal iritasi dan mengurangi mata kering. Selain itu otot sekitar mata juga akan terasa lebih rileks dan segar. Semoga bermanfaat.

 

 

Komentar Anda