Scroll to Top

Lemak itu Punya Rasa di Lidah Lho!

By Ilham Choirul / Published on Sunday, 22 Jan 2012

Sebagian orang ternyata bisa mengindera rasa lemak pada lidah. Mereka ini adalah orang-orang yang punya senyawa CD36 lebih tinggi di tubuhnya. Dengan bekal protein ini, lidah mereka cukup sensitif membedakan rasa lemak di samping makanan itu sudah punya rasa manis, asin, pahit, atau asam.

big_burger

Inilah temuan baru dari Washington University di St. Louis. Meski tiap orang punya sensitivitas beda untuk merasakan kehadiran lemak di lidahnya, namun itu bisa dilatih. Caranya, seseorang mesti mengontrol asupan makanan berlemak di tubuhnya. Semakin sedikit lemak masuk ke tubuh, akan meningkatnya protein senyawa CD36. Dengan begitu, lidah menjadi sensitif untuk membedakan makanan berlemak dan mana yang tidak.

Studi ini menguatkan hipotesis peneliti yang menyatakan ada kecenderungan orang yang mengalami obesitas kurang peka terhadap rasa lemak. Penyebabnya, senyawa CD36 mereka cukup kurang agar lidah bisa mendeteksinya.

“Diet tinggi lemak akan memengaruhi produksi CD36 lebih sedikit, yang berarti dapat membuat seseorang kurang peka terhadap lemak,” kata Dr. Yanina Pepino, anggota tim peneliti.

Para peneliti berharap, temuannya ini bisa dimanfaatkan untuk memerangi angka obesitas yang cukup tinggi di dunia. Kalau lidah seseorang mampu merespon rasa lemak, maka dia bisa memilah makanan untuk dimasukkan ke dalam tubuhnya. Orang yang sadar dengan kesehatannya bisa memilih makanan rendah lemak untuk itu. Acapkali, ketidaktahuan orang memilah makanan berlemak ini menjadikan mereka asal-asalan mengonsumsi makanan.

“Tujuan utama penelitian ini memahami bagaimana persepsi kita pada lemak yang dapat mempengaruhi apa yang kita makan, juga kualitas lemak yang kita konsumsi,” ujar Profesor Nada Abumrad, pemimpin peneliti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda