Scroll to Top

Guncangan Gempa Bumi Besar 6.7 SR Landa NTT

By C Novita / Published on Saturday, 18 Aug 2018

gempa bumi

Guncangan gempa bumi besar melanda Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur pada Jumat (17/8/2018) pukul 23.35 Wita. Gempa tersebut berdasarkan catatan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) adalah sebesar 6,7 Skala Richter (SR).

BMKG merilis informasi resmi melalui website dan akun Twitter resmi mereka. Tertulis, gempa berada pada jarak 125 kilometer barat laut di Kabupaten Manggarai Barat. Kedalaman pusat gempa beerada di 559 kilometer dari permukaan.

Begitu besarnya guncangan gempa bumi pada hampir tengah malam tersebut, dilaporkan wilayah Nusa Tenggara Barat (NTT) dan Bali juga merasakannya.

Dalam situs resmi BMKG merinci bahwa episenter gempa ada di koordinat 7,40 derajat Lintang Selatan dan 119,81 derajat Bujur Timur.

Memperhatikan data episentrum tersebut, Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Rahmat Triyono menjelaskan bahwa jenis gempa adalah gempa dalam.

Gempa dalam terjadi akibat tekanan antara tarikan mantel ke bawah dan gaya mengapung mantel yang lebih kental di bawahnya.

“Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi tidak berpotensi tsunami,” kata Rahmat dilansir laman Kompas.com, Sabtu (18/8/2018).

 

 

Komentar Anda